Tahun 2022, Ada 3 Kurikulum, Sekolah Dibebaskan Memilih

Tahun 2022, Ada 3 Kurikulum, Sekolah Dibebaskan Memilih

 RAKYATCIREBON.ID – Mulai tahun 2022, setiap sekolah dibebaskan untuk memilih akan menggunakan kurikulum apa. Pilih satu saja dari tiga kurikulum yang ada untuk dipilih dan diterapkan di sekolah.

Tiga kurikulum tersebut yakni Kurikulum 2013, Kurikulum Darurat (Kirukulum 2013 yang disederhanakan}, dan Kurikulum Prototipe (kurikulum penyesuaian di era pandemi).

Kurikulum prototype dibuat oleh Kemendikbud sebagai panduan bagi guru dan siswa dalam pembelajaran di era pandemi. Kurikulum prototipe adalah pembelajaran pemulihan, berlaku 2022 sampai 2024, sebagai sarana pemulihan dari era pandemi.

Plt Kepala Pusat Perbukuan Kemendikbud, Supriyanto mengatakan pada kurikulum prototype diberikan otoritas kepada guru atau sekolah untuk bagaimana memperoleh capaian pembelajaran.

“Sekolah diberikan keleluasaan untuk memilih perangkat atau alat pengajaran, sesuai karakteristik peserta didik,” kata Supriyanto.

Namun begitu, alat pengajaran, buku teks pelajaran, modul pelajaran hingga pada buku mata pelajaran tetap akan disediakan oleh Kemendikbud.

Kebijakan untuk mengurangi dampak learning loss dampak dari pandemi. Dimana peserta didik terpaksa diliburkan selama satu tahun lebih karena pandemi. (ing)  

Sumber: