Warga Gendong Pocong, Jenazah Dipindah karena Tergusur Tol Cisumdawu

Warga Gendong Pocong, Jenazah Dipindah karena Tergusur Tol Cisumdawu

RAKYATCIREBON.ID - Sejumlah warga menggendong jenazah yang dipindahkan karena TPU tergusur Tol Cisumdawu, di area Jatinangor.

Pemindahan jenazah dari sebuah tempat pemakaman umum di Citeureup, Jatinangor, Kabupaten Sumedang itu, diabadikan salah seorang pekerja proyek.

Setidaknya dia mengunggah tiga video terkait dengan relokasi jenazah tersebut. Dalam unggahan itu, ada pemindahan yang dilakukan petugas menggunakan kantung mayat.

Namun ada juga yang dilakukan warga dengan membopong jenazah yang sudah bertahun-tahun terkubur.

Bahkan, mereka harus berjalan cukup jauh melewati pematang sawah, karena lokasi TPU sepertinya tidak bisa diakses dengan kendaraan.

Barulah di lokasi proyek mereka membawa jenazah tersebut menggunakan sepeda motor, ataupun menggunakan mobil.

Momen pemindahan jenazah tersebut diabadikan Okim Aditya, yang juga pekerja di proyek tersebut. Kejadian langka tersebut direkam pada Januari 2021.

Seperti diketahui, rencana pengoperasian Tol Cisumdawu pada akhir 2021 batal dilakukan karena beragam masalah.

Bupati Sumedang, Dony Ahmad Munir mengungkapkan, rencana awal sebagian seksi Tol Cisumdawu memang direncanakan dibuka pada akhir tahun ini.

Namun, dengan perkembangan yang ada persoalan longsor sehingga masih perlu penanganan lebih lanjut.

\"Diundur karena ada longsoran di beberapa titik. Nanti akan ada penyampaian secara khusus kepada publik,\" kata Dony.

Terkait masalah ganti rugi untuk warga tersampak Bupati menegaskan bahwa pemerintah tidak akan zalim, kepada masyarakat selama proses penyelesaian jalan Tol Cisumdawu tersebut.

“Kita inginkan agar cepat selesai dan sukses tanpa ekses. Jika tol ini berjalan berarti aksesibilitas akan semakin mudah,\" tandasnya. (yud)

Sumber: