Resmi Jabat Ketua NU Jabar, Juhadi Komitmen akan Majukan NU

Resmi Jabat Ketua NU Jabar, Juhadi Komitmen akan Majukan NU

RAKYATCIREBON.ID – Jabatan Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Barat masa khidmat 2021-2026 resmi diemban oleh KH Juhadi Muhammad.

Hal ini ditandai dengan prosesi pelantikan yang berlangsung di Pondok Pesantren Hidayatut Tholibin, Desa/Kecamatan Pasekan, Kabupaten Indramayu.

Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Prof Dr KH Said Aqil Siradj MA usai melantik pengurus PWNU Jabar 2021-2026 mengatakan, NU adalah ormas yang memiliki 108 juta anggota.

Jika dikelola dan menerapkan manajerial secara baik, maka akan menjadi kekuatan bangsa dan kekuatan rakyat Indonesia.

“Artinya, tugas NU harus memelihara kapital sosial bagaimana Jawa Barat masyarakat Islam-nya betul-betul bersandar mengandalkan ilmunya para kyai, akhlaknya para ulama,” tegasnya.

Diingatkan pula, dalam beragama tidak hanya legal formal dengan memakai sorban dan gamis. Menurutnya penting  pula untuk meningkatkan spirit beragama terutama akhlakul karimah.

Usai dilantik, Juhadi menyatakan, kepengurusan di bawah kepemimpinannya dalam waktu dekat akan melakukan konsolidasi, termasuk dengan PCNU di Jawa Barat untuk membangkitkan semangat.

“PWNU Jawa Barat mempunyai program dan ingin memajukan NU Jawa Barat di sektor pengembangan dakwah, ekonomi, serta kesehatan tentu akan menjadi program prioritas,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil memaparkan, Pemerintah Provinsi Jawa Barat memiliki program untuk membentuk Hafidz Quran di 5.000 Desa. Dan sampai saat ini tercatat sudah terlaksana di 2.300 desa. Capaian tersebut dapat terealisasi berkat adanya peran NU.

Untuk itu, pengurus baru PWNU Jabar diminta agar dapat bersinergi dengan pemerintah provinsi dalam meningkatkan berbagai program pembangunan dibidang keagamaan.

“Selamat kepada pengurus PWNU Jawa Barat, perbanyak kolaborasi kurangi kompetisi,” pintanya.

Sementara itu, pada prosesi pelantikan tersebut tampak hadir Ketua Rais Syuriyah PWNU Jabar Dr KH Abun Bunyamin MA, Ketua Umum PSSI Komjen Pol (Purn) Mochamad Iriawan, Danrem 063/SGJ Kolonel Inf Elkines Villando Dewangga, Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat, Ono Surono, dan Ketua DPW PKB, Syaiful Huda. (tar)

Sumber: