Program Vaksinasi Dikejar Target

Program Vaksinasi Dikejar Target

RAKYATCIREBON.ID -Menjelang akhir tahun Pemkab Majalengka serta TNI Polri kembali menggenjot vaksinasi Covid-19. Langkah tersebut untuk mengantisipasi liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Berdasarkan data Satuan Tugas (Satgas) Pemkab Majalengka, per Senin (13/12) capaian vaksinasi masyarakat umum dosis 1 di wilayahnya sudah mencapai 61 persen dari total sasaran vaksinasi 746.420. Sedangkan yang telah disuntik dosis 2, sebanyak 38 persen.

Sementara bagi anak remaja usia 12-17 tahun capaian vaksinasi dosis 1 mencapai 82 persen dan dosis 2 sebanyak 63 persen dari total sasaran vaksinasi 124.701.

\"Untuk lansia sendiri, saat ini yang telah disuntik vaksinasi dosis 1, sebanyak 54 persen dan dosis 2 telah mencapai 31 persen dari total sasaran vaksinasi 126.633,\" ungkap Jubir Satgas Covid-19 Majalengka, Agus Susanto.

Terpisah, Kapolres Majalengka, AKBP Edwin Affandi meninjau langsung pelaksanaan kegiatan vaksinasi Covid-19 di tiga kecamatan di wilayah Kabupaten Majalengka, Selasa (14/12).

Di antaranya, di Puskesmas Maja, Kecamatan Maja dan Komplek Pesantren Kelurahan Babakan Jawa, Kecamatan Majalengka serta di Desa Baribis, Kecamatan Cigasong Kabupaten Majalengka.

Edwin mengimbau agar warga yang belum melaksanakan vaksin mendatangi gerai-gerai vaksinasi, agar apa yang diharapkan pemerintah untuk memenuhi herd immunity segera terpenuhi.

\"Kami juga mengapresiasi apa yang dilakukan puskesmas, polsek jajaran beserta koramil dan para relawan yang tidak kenal lelah untuk program percepatan vaksinasi Covid-19 di wilayah Kabupaten Majalengka dengan melibatkan UMKM masyarakat sekitar,\" jelasnya.

Saat memantau vaksinasi di Desa Leuwiseeng Kecamatan Panyingkiran, Edwin tidak segan untuk menanyakan pelayanan yang diberikan petugas saat melayani vaksinasi. Hal itu guna memastikan pelayanan vaksinasi berjalan aman.

“Salah satu upaya pemerintah dalam mencegah meluasnya penyebaran virus Corona, diantaranya selain penerapan Prokes yakni dengan kegiatan vaksinasi Covid-19. Sehingga hal kegiatan ini harus bisa berjalan lancar sesuai target,” ujarnya.

Kepala Desa Leuwiseeng, Saeful mengatakan, kesadaran masyarakat tentang penerapan protokol kesehatan dan vaksinasi Covid-19 sudah sangat tinggi.

Masyarakat sudah sadar jika penerapan prokes dan vaksinasi merupakan salah satu cara yang dinilai efektif dalam  memutus corona.

“Alhamdulilah animo masyarakat dalam kegiatan vaksinasi Covid di desa kami selalu tinggi, hal ini menunjukkan tingginya tingkat kesadaran warga, terkait pentingnya vaksinasi dan penerapan prokes dalam memutus Corona,”pungkasnya. (hsn/pai)

Sumber: