Parman Menang Tipis, Ajak Pesaing Ikut Membangun Desa

Parman Menang Tipis, Ajak Pesaing Ikut Membangun Desa

RAKYATCIREBON.ID - Parman Suryana akhirnya terpilih dalam Musyawarah Desa (Musdes) Pilkades Pengganti Antar Waktu (PAW) Desa Sadawangi Kecamatan Lemahsugih. Setelah unggul tipis dari rivalnya Fitriyani.

Ketua BPD Desa Sadawangi, Awang Setiawan mengatakan, proses pemilihan kepala desa PAW sendiri, berbeda dengan proses Pilkades pada umumnya.

Awang yang juga Penanggungjawab Pelaksanaan Pilkades PAW menuturkan, dalam Pilkades PAW, pemilih suara dibatasi hanya sekitar 91 orang saja yang merupakan perwakilan dari setiap RT nya.

Dengan asumsi satu suara mewakili 33 suara. Sehingga jika ditotal hak pilih sesungguhnya jika pada Pilkades secara normal didesanya terdapat sekitar 3.003 hak pilih.

“Alhamdulilah pelaksanaan Pilkades PAW di Desa Sadawangi yang diikuti dua kandidat berjalan mulus dan kondusif, dan saudara Parman terpilih setelah mengantongi suara mayoritas,” kata Awang kepada Rakyat Cirebon, Minggu (12/12).

Menurutnya untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, terutama terkait ancaman Covid-19 kata dia, pihaknya melaksanakan Pilkades PAW dengan penerapan Prokes sangat ketat.

Dimana setiap pemilih yang akan mencoblos, akan diperiksa kesehatanya dan diwajibkan menggunakan masker dan memakai sarung tangan.

Selain itu, lokasi pencoblosan juga disterilisasi baik sebelum pencoblosan maupun setelah pencoblosan.

Sedangkan untuk menghindari kerumunan, pemilih yang masuk ke arena pemilihan dibatasi 5 sampai 10 orang , lalu bergantian masuk ke bilik suara.

“Karena kondisinya masih belum aman, sehingga kami terapkan Prokes secara ketat mas, para petugas KPPS juga ikut membantu dengan  menyiapkan peralatan Prokes secara lengkap. Dari mulai sarung tangan, masker, hand sanitizer hingga melakukan penyemprotan desinfektan di lokasi TPS, sehari sebelum dan sesudah pelaksanaan,”jelasnya.

Sementara itu, usai penghitungan suara, Parman mengaku berterimakasih kepada masyarakat. Dia mengajak semua pihak termasuk pendukung rivalnya untuk bersama sama membangun desa.

Dijelaskan dia program pertama yang akan dilakukan pihaknya adalah dengan melanjutkan program pendahulunya dan akan menambahkan beberapa program lainya. (pai)

Sumber: