Pilkades PAW Batal Diikuti Empat Balon

Pilkades PAW Batal Diikuti Empat Balon

RAKYATCIREBON.ID -Proses pengundian nomor urut calon Kepala Desa Pengganti Antar Waktu (PAW) Desa Sadawangi, Kecamatan Lemahsugih, resmi diikuti dua bakal calon (balon).

Hal itu diketahui setelah pada tahapan proses pendaftaran hingga pengundian nomor urut hanya dua bakal calon yang terus maju, meski sebelumnya sempat beredar kabar proses Pilkades PAW akan diikuti oleh empat bakal calon.

Ketua BPD Desa Sadawangi, Awang Setiawan mengatakan, pelaksanaan Pilkades PAW terpaksa digelar. Karena kepala desa terpilih sebelumnya meninggal sebelum masa baktinya selesai.

Sehingga sesuai UU untuk dan peraturan yang ada, untuk mencari pengganti harus dilakukan Pilkades PAW.

“Dalam pengundian nomor urut, dipastikan ada dua Bakal Calon Kades yang akan maju. Pertama saudara Parman Suryana dengan nomor urut 1 dan saudari Fitriyani dengan nomor urut 2,” kata Awang Setiawan kepada Rakyat Cirebon, Senin (6/12).

Menurutnya, untuk pelaksanaan proses Pilkades polanya hampir sama dengan Pilkades biasa. Hanya saja jumlah hak pilih disesuaikan berdasarkan perwakilan di setiap kampungnya.

Sementara proses pemungutan suara juga akan digelar sama seperti pada Pilkades Serentak. Yakni, dipusatkan di setiap kampungnya dan bukan dipusatkan di halaman kantor desa. Hal itu sebagai upaya menghindari kerumunan dan ancaman Pandemi Covid-19.

“Pelaksanaan pencoblosan sudah ditetapkan pada 11 Desember 2021 mendatang. Prosesnya tetap menerapkan protokol kesehatan,”tambahnya.

Dia juga menuturkan, untuk menghindari ancaman Corona, pihaknya meminta para petugas KPPS untuk menyiapkan peralatan Prokes secara lengkap.

Mulai dari sarung tangan, masker, hand sanitizer hingga melakukan penyemprotan desinfektan di lokasi TPS, sehari sebelum dan sesudah pelaksanaan.

“Pelaksanaan Pemungutan suara akan dilaksanakan dengan penerapan Prokes yang ketat, demi mencegah penularan Covid-19,” ujarnya.

Sementara itu, baik Parman maupun Fitriyani mengaku optimis bisa meraih suara terbanyak dalam Pilkades PAW.

Keduanya sempat terlihat meminta doa dan dukungan dari masyarakat yang hadir dalam acara tersebut. (pai)

Sumber: