Bupati Imbau Warga Tidak Mudik Nataru

Bupati Imbau Warga Tidak Mudik Nataru

RAKYATCIREBON.ID -Setiap ada mobilitas yang tinggi, tidak dapat dipungkiri jika kasus Covid-19 melonjak pesat. Dalam beberapa hari ke depan, Pemkab Majalengka, telah mengatur strategi menghadapi mobilias saat libur Nataru (natal dan tahun baru).

Bupati Majalengka, Karna Sobahi mengatakan, Pemkab Majalengka akan melakukan pengetatan mobilitas dan protokol kesehatan di masa libur Nataru sesuai Inmendagri.

\"Pemerintah akan menerapkan PPKM Level 3 di seluruh Indonesia selama libur Nataru, termasuk di Kabupaten Majalengka,\" kata Karna Sobahi, Sabtu (27/11).

Karna menjelaskan, terkait tahun baru, khususnya 31 Desember 2021 dan 1 Januari 2022, dirinya memerintahkan instansi terkait pengamanan untuk melaksanakan penjagaan agar tidak terjadi kerumunan.

Pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat untuk tidak bepergian terlebih dahulu serta bagi perantau yang berada diluar Kabupaten Majalengka untuk tidak melakukan mudik mengingat adanya varian baru serta melihat kondisi masih adanya yang terpapar Covid-19.

\"Kami juga mengingatkan bahwa cuti tahunan tidak diperkenankan bagi ASN, PNS, TNI, POLRI, BUMN, swasta dan lainnya. Hal ini demi untuk kepentingan bersama,\" katanya.

Khusus untuk tim Satgas, bupati berharap untuk kembali memperkuat Tracking, Tracing, Treatment (3T). Mengingat Kabupaten Majalengka masih terjadi kendala dalam tracing, karena belum adanya kesadaran masyarakat akan pentingnya tracing untuk mengetahui penyebaran Covid-19.

Dia mengatakan telah berkoordinasi dengan lembaga terkait untuk menyiapkan kebijakan dan langkah antisipasi menghadapi libur Nataru, khususnya pada rentang tanggal yang dianggap krusial.

\"Kemarin kita telah menggelar rapat koordinasi dalam menghadapi Nataru dan sekaligus dalam percepatan vaksinasi di Kabupaten Majalengka,\" jelasnya.

Dalam rapat koordinasi tersebut, ia menjelaskan bahwa pembatasan mobilitas dan pengawasan protokol kesehatan harus dilakukan pada masa libur Nataru.

\"Kami menilai upaya Satgas Covid-19 Kabupaten Majalengka dalam mengendalikan kasus corona sampai saat ini, juga sudah berjalan baik, sehingga jangan sampai terjadi kenaikan kasus usai libur Nataru tersebut,\" harapnya.

Selain itu, pihaknya terus mempercepat vaksinasi bagi masyarakat umum dan lansia untuk mencegah lonjakan kasus Covid-19 pada saat libur nataru (Natal dan Tahun Baru 2022).

\"Vaksinasi tidak boleh mengendur. Justru saat kasus positif Covid-19 tengah rendah, vaksinasi harus ditingkatkan terutama bagi masyarakat umum dan lansia serta kelompok rentan,\" ujar Karna.

Menurutnya, Pemkab Majalengka tengah berupaya melakukan penurunan kasus yang konsisten. Diantaranya, dengan membudayakan protokol kesehatan sebagai kebutuhan di tengah tengah masyarakat dan percepatan vaksinasi.

Sumber: