Dr Aqua Dwipayana: Mahasiswa Harus Merevolusi Diri Jadi Berintegritas

Dr Aqua Dwipayana: Mahasiswa Harus Merevolusi Diri Jadi Berintegritas

RAKYATCIREBON.ID - Dalam kehidupan sehari-hari mahasiswa dapat menjalankan konsep revolusi mental untuk menjadi bagian dari gerakan menggembleng manusia Indonesia agar jadi \"manusia baru\" yang berhati putih, berkemauan baja, bersemangat elang rajawali, serta berjiwa api yang menyala-nyala.

Intinya, melalui gerakan revolusi mental, mahasiswa harus termotivasi dan menempa diri menjadi manusia yang berintegritas, mau bekerja keras, dan punya semangat gotong royong yang tinggi.

Pesan bernas tersebut disampaikan oleh Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana saat menyampaikan Sharing Komunikasi dan Motivasi kepada 3.683 mahasiswa baru Universitas Pendidikan Ganseha (Undiksha) Singaraja, Bali yang menjadi bagian dari Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Undiksha 2021, Jumat 13 Agustus 2021.

Acara yang rutin dilaksanakan setiap tahun itu berlangsung efektif selama tujuh hari, pada 9-21 Agustus 2021.

Kegiatan Sharing Komunikasi dan Motivasi bertajuk “Gerakan Nasional Revolusi Mental: Ayo Berubah; Integritas, Etos Kerja, Gotong-Royong” yang berlangsung secara virtual itu juga dihadiri Wakil Rektor III Unidiksha Bidang Kemahasiswaaan, Humas, dan Alumni Prof Dr I Wayan Suastra MPd dengan moderator Ida Ayu Dewi Istri Utami, SPd, MPd (dosen di Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Undiksha).

Aktivitas Sharing Komunikasi dan Motivasi ini merupakan sesi yang keenam dalam pekan ini yang dilakukan Dr Aqua Dwipayana secara maraton.

Sejak pertengahan pekan ini, doktor Komunikasi lulusan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran (Fikom Unpad) itu berbicara di depan ribuan orang ketika menyampaikan rangkaian Sharing Komunikasi di BRI Cabang Mataram, RSUD Provinsi Nusa Tenggara Barat, ASDP Cabang Lembar-Lombok, Ditpolair Polda NTB, sebelum naik feri untuk berbicara di depan anggota Ditpolair Polda Bali.

Pada Jumat siang, 13 Agustus 2021 kemarin pria yang hobi silaturahim ini terbang ke Jakarta kembali ke rumahnya di Bogor, Jawa Barat. Begitu tiba di rumah langsung memberikan Sharing Komunikasi kepada kepada ribuan mahasiswa baru Undiksha Bali.

“Oleh karena itu dalam kondisi apapun kita harus selalu bersyukur. Melihat dan menilai semua yang kita alami secara positif. Saya sendiri di masa pandemi Covid-19 ini semakin aktif dan produktif. Waktu yang ada terasa kurang. Dengan penuh semangat saya tetap berkeliling ke berbagai kawasan Indonesia. Melakukan Sharing Komunikasi dan Motivasi serta silaturahim,” ungkap Dr Aqua dengan antusias.

Mantan wartawan di banyak media nasional itu menjelaskan bahwa komunikasi menjadi salah satu faktor  penentu keberhasilan dalam proses revolusi mental tersebut.

“Untuk membangun komunikasi efektif seseorang harus memiliki karakter kokoh yang dibangun dari integritas pribadi yang kuat,” tegas penulis buku “super best seller” Trilogi The Power of Silaturahim tersebut.

KOMUNIKASI EFEKTIF

Dr Aqua menyarankan selama mengikuti perkuliahan dalam jaringan (daring atau online), mahasiswa agar dapat membangun komunikasi efektif.

“Pertama, kita harus menyesuaikan diri dengan karakter dosen selama perkuliahan daring tersebut. Kemudian menggunakan pola komunikasi dua arah, aktif dan cerdas   dalam kuliah online. Selanjutnya, menghargai dosen apapun metode pengajaran yang diberikannya,” katanya.

Sumber: