IAIN Cirebon Raih Emas Kedua di IPPBMM Jogja

IAIN Cirebon Raih Emas Kedua di IPPBMM Jogja

RAKYATCIREBON.ID - Ayi Yusri Ahmad Tirmidzi baru saja mendulang emas kedua melalui karya tulisnya, Potret Perempuan dan Kontra Ekstremisme : Menjinakkan Moralitas Liar melalui Pembinaan Keluarga Rabbi Radhiyya, dalam Cabang Musabaqah Karya Tulis Al-Qur’an (MKTQ) IPPBMM  VIII 2021 di Yogyakarta.

Coach MKTQ, Muhamad Sofi Mubarok MHI menyampaikan selamat kepada Ayi Yusri atas keberhasilannya meraih emas. Selaku pelatih dia merasa bahagia karena bisa mengharumkan nama IAIN nasional.

Saya ucapkan selamat dan sukses. Bahagia sekali mendampingi sdra Ayi Yusri utk meraih hasil terbaiknya pada event kali ini,”ujarnya, kemarin.

Dia  juga menjelaskan, anak Ayi merupakan mahasiswa berbakat . “Selama bulan Ramadhan, saya sering kali “memaksanya” untuk memulai latihan, bahkan sejak tengah malam pukul 23.00 sampai 01.00 dini hari. Tak ada tanda-tanda mengeluh utk memperbaiki setiap hal yg saya sampaikan guna merevisi papernya,” ujarnya.

Hingga terakhir dikirimkan ke panitia, setidaknya sudah ada 7 naskah revisi yang dilakukan agar karyanya dapat memberikan suatu perspektif baru bagi dewan juri – kelak.

Sejauh ini, kekuatan paper Ayi terlihat dari kebaharuan gagasan yang ia tampilkan. Bagaimana perempuan kini tampil sbg subjek dalam aksi terorisme, dan bagaimana konstruk Rabbi Radhiyya ditawarkan utk mengurai problematika demikian.

Tak banyak masukan yang Sofi berikan selain pada hal-2 minor saja. Sejauh ini, kendala yang masih terlihat ialah soal retorika yang mungkin perlu lebih banyak diasah.

“Namun tentu dapat dikendalikan  terbukti dengan menjuarai cabang ini dan berhasil mencapai posisi pertama pada final presentasi, yang semula pada babak penyisihan berada di peringkat kedua dari paper yang diajukan,” pungkas Sofi. (wan)

Sumber: