LPM IAIN Cirebon Ikui Acara Rembug Nasional Forum Penjaminan Mutu PTKIN

LPM IAIN  Cirebon Ikui  Acara Rembug Nasional Forum Penjaminan Mutu PTKIN

RAKYATCIREBON.ID -  LPM IAIN Cirebon  Mengikuti Acara Rembug Nasional Forum Penjaminan Mutu PTKIN yang dilaksanakan di Ternate, pada tanggal 3-5 Juni 2021. Acara ini diikuti oleh hampir seluruh PTKIN Seluruh Indonesia. Para peserta yang  hadir kurang lebih berjumlah 114 peserta yang berasal dari 102 LPM 48 PTKIN ditambah 12 dari kemenag.

Ketua LPM IAIN Cirebon, Dr Dr.H. Ayus Ahmad Yusuf,M.Si  mengatakan, dalam acara Acara Rembug Nasional Forum Penjaminan Mutu PTKIN yaang diselenggarakan di Ternate, bertempat di hotel Muara Ternata dengan tuan rumah yakni IAIN Ternate sebagai penyelenggaranya, mempunyai 3 agenda penting yakni Silaturrahim Antar LPM Seluruh PTKIN Se Indonesia, Pergantian Kepengurusan  dan Update Informasi dan Agenda LPM Seluruh PTKIN Se Indonesia

Dalam kesempatan ini para peserta bisa saling kenal, saling sapa, dan saling bertukar pikiran. Pertemuan ini memang diagendakan rutin dilaksanakan karena setiap masa jabatan habis, para pejabat LPM di tiap perguruan tinggi di LPTKIN akan terus berganti.  Jadi dengna forum ini bisa dimanfaatkan sebagiaaforum silaturrahim.

Selanjutnya dalam forum ini dilakukan pemilihan pengurus baru setelah masa jabatan pengurus lama berakhir. Dalam frum yang dilakukan pemilihan secara langsung dengan menggunakan google ini terpilih 3 kandidat ketua, yakni Prof Dr. H. Ali Mudlafir M.Ag Ketua LPM UIN Surabaya, Muhammad Zuhdi, MA, Ph.D Ketua LPM UIN Jakarta,  dan Dr. Winengan MSI Ketua LPM UIN Mataram.

“Akhirnya setelah melakukan pemilihan tahap ke 2 terpilihlah ketua Forum Penjaminan Mutu PTKIN periode 2021-2023 yaitu Prof Dr. H. Ali Mudlafir M.Ag Ketua LPM UIN Surabaya,” kata Ayus.

Kemudian dalam rangka update informasi penjaminan mutu di lingkungan PTKIN se Indonesia, dalam acara ini delakukan FGD (Fcus Group Discussion) sdan saresehan.

Dalam FGD ini topik bahasannya adalah mengupas Permenristekdikti No. 62 tahun 2016 tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi. Peserta dibagi menjadi 3kelompok dengan rincian sebagai berikut SPMI (Sistim Penjaminan Mutu Internal), LPM IAIN Cirebon mendelgasikan Muhsin Riyadi, MA, Kpus Audit dalam kelompok ini.

Kemudian SPME (Sistem Penjaminan Mutu Eksternal), LPM IAIN Cirebon mendelgasikan Toheri M.Pd, Sekretaris LPM dalam kelompok ini. Serta tugas dan Wewenang, LPM IAIN Cirebon mendelgasikan Dr. H. Ayus Ahmad Yusuf Msi, ketua LPM IAIN CIrebon dan Yeti Nurizzati, Msi, Kepala Pengembangan Standar LPM IAIN Cirebon dalam kelompok ini. (wan)

Sumber: