IQTAF Peringati Nuzulul Qur’an

IQTAF Peringati Nuzulul Qur’an

RAKYATCIREBON.ID - Dalam rangka memperingati Nuzulul Qur\'an, Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Al-Qur\'an dan Tafsir (HMJ IQTAF) IAIN Syekh Nurjati Cirebon mengadakan acara webinar online spesial Nuzulul Qur\'an dengan tema Bersama Al-Qur\'an Masa Depan Semakin Cerah dan Hidup Semakin Terarah, Kamis, (29/4).

Dalam acara tersebut HMJ IQTAF mengundang Alhabib Ahmad bin Abdullah Alkaff sebagai narasumber. Habib Ahmad merupakan Dewan Guru Majelis Ribathul Mustofa Majalengka. Kemudian hadir juga Ketua Jurusan Ilmu Al-Qur\'an dan Tafsir, Muhammad Maimun MA MSi serta ketua HMJ IQTAF, M Hisam. 

Dalam sambutannya, Muhammad Maimun mengatakan  adanya peringatan Nuzulul Qur\'an menambah pengetahuan tentang sejarah turunnya Al-Qur’an kepada Nabi Muhammad.

“Kepada seluruh mahasiswa yang hadir untuk menyimak dengan baik supaya pengetahuannya bertambah dan mahasiswa bisa mengamalkan ilmu yang didapat dari webinar kali ini,” tambahnya.

Sementara itu, Ketum HMJ IQTAF, M Hisam juga mengatakan Nuzulul Qur\'an menjadi malam yang sangat ditunggu-tunggu oleh umat Islam. Salah satunya masyarakat Cirebon yang setiap tahunnya sering memperingati malam Nuzulul Qur\'an. Peristiwa Nuzulul Qur\'an ini diyakini membawa pelajaran dan hikmah yang sangat berharga.

“Al-Qur\'an turun kepada nabi Muhammad SAW sebagai petunjuk dan rahmat bagi seluruh alam. Al-Qur\'an juga merupakan mukjizat terbesar bagi nabi Muhammad SAW. Dengan peringatan Nuzulul Qur\'an ini semoga membawa kita kepada puncak ketakwaan.\" kata Hisam.

Dalam pemaparannya, Habis Ahmad menerangkan di bulan Ramadhan ini bulan yang dimuliakan Allah SWT. Bulan yang diistimewakan dari zaman Nabi Adam, sampai semua para nabi mengetahui, dan sampai dikhusukannya kepada Nabi Muhammad SAW.

“Ketika Allah memilih untuk menurunkan Al-Qur\'an di bulan Ramadhan, dalam Al-Qur\'an surat Al-Qadar, lafadz anzalna ini mengandung arti bahwa Al-Qur\'an diturunkan secara sekaligus di malam Lailatul Qadar yang ada di bulan Ramadhan, ini membuktikan bahwa bulan ini sangat diistimewakan,” tukas Habis Ahmad. (wan)

Sumber: