Bupati Apresiasi Keberadaan PKBM

Bupati Apresiasi Keberadaan PKBM

RAKYATCIREBON.ID - Keberadaan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) di Kabupaten Kuningan, telah ikut serta membantu memfasilitasi pendidikan bagi masyarakat yang tidak bisa mengenyam pendidikan formal pada saatnya.

Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Kuningan H Acep Purnama SH MH usai memberikan bantuan berupa dana Stimulan dari Hibah Pemerintah Kabupaten Kuningan, kepada PKBM dan Pembinaan Kelembagaan, di Cafe Kopi Lendot Mang Elon, Desa Sadamantra Kecamatan Jalaksana Kabupaten Kuningan, Senin (19/04) sore.

Bupati mengucapkan rasa syukur atas kinerja para pengelola PKBM se-Kuningan. “PKBM ini dibuat juga dalam rangka menuntaskan Wajar Dikdas dan Dikmen 12 tahun, yang patut kita syukuri karena masih bisa melaksankan kegiatan tersebut,” ujar Acep.

Kemudian, menurutnya pemberian bantuan dana hibah ini adalah salah satu bentuk kepedulian pemerintah kepada PKBM penyelenggara pendidikan kesetaraan, dan diharapkan seluruh penerima hibah mengetahui akan kewajibannya terhadap penggunaan dan pertanggungjawaban serta pelaporan yang sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Kepada SKPD terkait dalam hal ini, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, untuk melakukan monitoring dan evaluasi serta pengawasan agar penggunaan dana hibah digunakan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan. Program yang disampaikan benar-benar dibutuhkan dan diperlukan oleh masyarakat, sehingga dapat terlaksana dengan benar, transparan, dan tepat sasaran,” tuturnya.

Peran pendidikan, Kata Acep, untuk membangun kreativitas dan produktivitas sumber daya manausia sekaligus penguasaan pengetahuan dan keterampilan yang sesuai dengan dunia kerja dan kesiapan belajar sepanjang hayat.

“Kreativitas dan produktivitas peserta didik pendidikan kesetaraan sangat berpengaruh untuk meningkatkan mutu SDM. SDM yang kreatif dan produktif akan menampilkan hasil kerja atau kinerja yang baik, secara perorangan maupun kelompok,” kata Acep.

Sementara, Ketua Forum, PKBM Kabupaten Kuningan, Iwan Gunawan, mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Kuningan, terutama kepada Bupati Kuningan yag telah memberikan perhatian pada para pengelola PKBM dengan memberikan bantuan berupa dana Stimulan.

“Baru kali ini kita mendengar bahwa pemerintah akan memberikan stimulan pada pengelola PKBM. Kami ucapkan terima kasih atas perhatian Pemkab Kuningan teruma Bupati Kuningan,” ungkapnya.

Kegiatan tersebut sekaligus silaturahmi dan buka bersama, “allahmdulillah, sore hari ini dapat berkumpul dalam rangka silaturahmi sekaligus buka bersama,” ujarnya.

Iwan berharap agar seluruh pengelola PKBM tetap Kompak, semangat dan terus melakukan inovasi untuk perkembangan pelaksanaan kegiatan di Kabupaten Kuningan.

\"Apa yang diberikan hari ini merupakan sesuatu inspirasi dan inovasi untuk memajukan PKBM, memajukan pendidikan non formal, memajukan masyarakat untuk mewujudkan mencetak peserta didik yang lebih handal guna mewujudkan kuningan maju.  Serta kami menghimbau kepada rekan-rekan pengelola PKBM Kabupaten Kuningan untuk senantiasa selalu meningkatkan mutu kualitas dan kuantitas pengolaan PKBM kita masing-masing,” pungkasnya.(ale)

Sumber: