Rakerpim, Kiprah Ormawa dan UKM Dinanti

Rakerpim, Kiprah Ormawa dan UKM Dinanti

RAKYATCIREBON.ID – Sebagai acuan gerak roda organisasi mahasiswa (Ormawa) dan unit kegiatan mahasiswa (UKM) di lingkungan IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Senat Mahasiwa (SEMA) bersma Dewa Eksekutif Mahasiswa (DEMA) menggelar Rakerpim, Selasa (16/3) di Gedung FITK.

Ketua SEMA Demisioner, Rohmawan mengatakan, Rakerpim merupakan agenda tahunan di awal kepengurusan baru. Dalam Rakerpim dibahas seluruh program kerja Ormawa dan UKM untuk satu periode kepengurusan.

“Kegiatan ini penting sekali untuk membangun kordinasi lembaga, Ormawa dan UKM dalam hal penentuan arah kerja organisasi. Kemudian skema dan timing Ormawa itu akan terbentuk dalam rapat gabungan itu,” ujar dia kepada Rakyat Cirebon.

Rohmawan menambahkan, Ormawa dan UKM punya peran penting dalam mendukung pengembangan lembaga. Apalagi saat ini IAIN Cirebon sedang berjuangan naik level ke PTKIN bertaraf universitas.

“Peran Ormawan penting sekali untuk mendukung kekuatan lembaga,” ujar dia.

Namun, di masa pandemi Covid-19, aktivitas mahasiswa secara luring masih dibatasi. Sehingga akan terjadi berbedaan pola gerakan mahasiswa yang lebih fokus pada gerakan digital atau daring.

“Memang kita harus siap menghadapi situasi ini. Salah satunya dengan digitalisasi. Kajian sudah tren dengan cara virtual, ini suatu kebutuhan,” kata dia.

Sementara itu, Wakil Rektor III IAIN Cirebon, Dr Ilman Nafi’a MAg menambahkan, Rakerpim yang diinisiasi DEMA-SEMA menjadi momentum bagi aktivis kampus mengasah keterampilan berorganisasi.

“Dengan Rakerpim Ormawa,  seluruh pimpinan Ormawa diharapkan mempunyai kemampuan leadership dan manajerial keorganisasian, serta kesiapan mental, intelektual dan spiritual untuk mengahadapi perubahan IAIN menjadi UIN dan UISSI,” tegas Ilman.

Kassubag Kemahasiswaan dan Alumni, Dody Dahwana SE MSi menyampaikan, Rakerpim diharapkan punya nilai tambah bagi kemajuan IAIN Cirebon. Menurutnya, aktivis kampus yang tergabung dalam Ormawa maupun UKM punya andil besar.

“Harapannya sih hasil Rakerpimnya memiliki kontribusi nyata pada pengembangan dan transformasi lembaga. Memajukan lembaga karena mahasiswa pun punya peran penting terhadap pengembangan lembaga,” tegas Dody. (wan)

Sumber: