Kuningan Terbanyak Dapat Bantuan Rutilahu di Jabar

Kuningan Terbanyak Dapat Bantuan Rutilahu di Jabar

RAKYATCIREBON.ID - Kabupaten Kuningan masuk tiga besar sebagai penerima bantuan rumah tidak layak huni (Rutilahu) di Jawa Barat terbanyak, dengan mendapatkan 2.775 unit rumah untuk 108 desa dari Pemprov Jabar.

Sementara dari program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) akan dialokasikan untuk 1500 Kepala Keluarga, dan 500 bantuan Rutilahu yang bersumber dari APBD 2021 Kabupaten Kuningan.

Calon penerima manfaat program rutilahu, merupakan hasil usulan desa/kelurahan melalui Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) atau Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM).

Usulan tersebut akan diverifikasi oleh pemerintah kabupaten/kota, serta terdaftar dalam Si Rampak Sekar (Sistem Perencanaan dan Penganggaran yang Terintegrasi antara Pemprov Jabar dengan Pemkab Kuningan.

Bupati Kuningan H Acep Purnama mengucapkan terima kasih karena Kuningan bisa menjadipenerima Rutilahu terbesar di Jawa Barat.

“Di sisi lain saya senang karena syarat seorang hidup layak, apabila orang tersebut menempati sebuah lahan di sebuah rumah dan bangunan yang layak dan dapat memenuhi standar kebutuhan hidup,” kata Bupati saat Sosialisasi Penyaluran Bantuan Sosial Rutilahu 2021, sebagai bagian dari Program Pemulihan Ekonomi Nasional di Sangkan Resort Aqua Park, Selasa (23/2).

Bupati menekankan agar batasan untuk indikator rumah tidak layak huni untuk benar-benar diterapkan, sehingga akan tepat guna dan tepat sasaran kepada masyarakat yang berhak.

“Langkah selanjutnya memverifikasi data masyarakat mulai dari desa, sehingga data yang muncul akan akurat,\" tambahnya.

Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman Jawa Barat Boy Iman Nugraha ST MT menyampaikan, acara ini merupakan komitmen gubernur untuk menyelesaikan proyek strategis Provinsi Jawa Barat.

“Bupati Kuningan sangat responsif dan antsuias sehingga dapat lebih bagus dari kota dan kabupaten lain, dari sisi pertanggungjawaban hingga pelaporan untuk tahun 2021 hampir 90% data sudah terverifikasi,” kata Boy.(ale)

Sumber: