Majalengka Perlu LPK yang Membina Anak Jalanan

Majalengka Perlu LPK yang Membina Anak Jalanan

RAKYATCIREBON.ID-Komisi IV DPRD Kabupaten Majalengka mendampingi Komisi IV DPRD Provinsi Jawa Barat mengunjungi Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) yang membina para anak jalanan (Anjal) dan Pengangguran di Desa Lengkong Kulon Kecamatan Sindangwangi, Rabu (3/2).

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Majalengka, Tatan Hanura Djasa mengatakan, kedatanganya ke LPK tersebut selain mendampingi koleganya dari DPRD Provinsi Jawa Barat, untuk mengetahui perkembangan LPK.

Pihaknya mendorong pertumbuhan LPK di Kabupaten Majalengka. Pasalnya selain sangat bermanfaat bagi masyarakat, juga sangat membantu pemerintah, terutama dalam program pengentasan kemiskinan maupun peningkatan keterampilan kerja.

“Di era globalisasi dan tingginya persaingan kerja, dengan terbatasnya kesempatan kerja. Maka LPK sangat berperan dalam mendorong dan menciptakan lapangan pekerjaan, maupun meningkatkan produktivitas sumber daya manusia yang ada,” ujar Tatan.

Menurutnya, melalui kemampuan keterampilan yang diperoleh dari LPK, bisa mendorong masyarakat untuk berdikari dan mandiri dalam menciptakan lapangan pekerjaan.

“Peran LPK cukup strategis dalam upaya mendorong peningkatan ekonomi produktif dan pengentasan kemiskinan, sehingga perlu perhatian dan dukungan dari pemerintah,” ucapnya.

Sementara itu, Budi, penggagas sekaligus direktur LPK yang membina para anak jalanan pihaknya melakukan kegiatan tersebut sudah cukup lama, dan sasarannya adalah para anak jalanan dan para pengangguran, yang kemudian dibina dan diberikan pengetahuan serta keterampilan kerja.

Misalnya, mengelas, menganyam, dan membuat kue. Dia berharap, nantinya ketika anak didiknya keluar, mereka sudah bisa menciptakan lapangan pekerjaan sendiri.

Selain itu untuk mendukung program kerjanya, pihaknya juga membantu memberikan peralatan yang bisa dimanfaatkan anak didiknya sebelum mapan. (pai)

Sumber: