Puskesmas Garawangi, Lokasi Suntik Vaksin untuk 10 Orang Pertama

Puskesmas Garawangi, Lokasi Suntik Vaksin untuk 10 Orang Pertama

RAKYATCIREBON.ID - Puskesmas Garawangi direncanakan akan jadi lokasi suntik vaksin COVID-19 bagi sepuluh orang pertama di Kabupaten Kuningan. Launching penyuntikan vaksin COVID-19 jenis Sinovac di Kabupaten Kuningan ini akan digelar pada Bulan Februari 2021.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kuningan, dr Hj Susi Lusiyanti, kepada wartawan kemarin.

Menurut Susi, untuk sepuluh orang pertama yang akan mendapatkan suntik Vaksin COVID-19 di Kuningan adalah Forkopimda dan jajaran ketua organisasi profesi yang telah ditunjuk.

\"Selain Forkopimda, ada juga Ibu Ketua PKK, para ketua organisasi profesi, dan Saya sendiri sebagai Kepala Dinas Kesehatan, akan mendapatkan penyuntikan vaksin COVID-19 tahap awal di Kuningan,\" kata Susi.

Ia menjelaskan, bahwa karena Bupati Kuningan, H Acep Purnama terhambat faktor usia, maka sebagai perwakilan Pemkab Kuningan, untuk suntik vaksin tahap awal, akan diwakili oleh Wabup H M Ridho Suganda.

Bupati Acep, imbuhnya, tidak divaksinasi karena usianya lebih dari 59 tahun. Seperti diketahui untuk bisa divaksin Sinovac ini, harus memiliki range usia antara 18 sampai 59 tahun.

\"Pak Bupati tidak bisa, jadi nanti Pak Wabup yang mewakili,\" terangnya.

Terpisah, Kepala Bidang P2P Dinkes Kabupaten Kuningan, dr Denny Mustafa, menyebutkan bahwa untuk Kabupaten Kuningan akan mendapat kiriman sejumlah 4.320  dosis vaksin COVID-19. Jumlah tersebut adalah untuk penyuntikan sebanyak dua kali pada tiap orang yang terdaftar tahap awal penyuntikan.

\"Jumlah 4.320 vaksin ini untuk dua kali penyuntikan, sehingga jumlah penerima vaksin tahap awal adalah sebanyak 2.160 orang, \" terang Denny.

Sementara, ditambahkannya, jarak waktu penyuntikan pertama dan kedua adalah antara 2 sampai 3 minggu.(ale)

Sumber: