Realisasi PBB Lampaui Target

Realisasi PBB Lampaui Target

RAKYATCIREBON.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kuningan melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda), mengapresiasi dan memberikan penghargaan bagi wajib pajak yang dalam Pengelolaan Pajak Daerah Terbaik Tahun 2020. Penghargaan diberikan Kepada Kecamatan/Kelurahan/Desa Berprestrasi, dalam Pemungutan Pajak Bumi dan Bangunan Sektor Perdesaan dan Perkantoran Tahun 2020 di Hotel Purnama Mulya, Selasa (22/12).

Pemberian apresiasi dan penghargaan dalam bentuk sepeda motor bagi kecamatan yang terdepan, termaju dan tercepat penyelesaian pajak bumi dan bangunan baik pedesaan maupun perkotaan. Salah satu motivasi agar cepat dalam pengelolaan pajak dan sosialisasi untuk mensukseskan pembangunan.

Bupati Kuningan H Acep Purnama mengatakan, pada tahun ini yang dapat dianggarkan sebanyak 70 unit kendaraan roda dua, masing-masing sebanyak 12 unit kendaraan akan diberikan kepada kecamatan berprestasi dalam Pengelolaan PBB yang terbagi dalam kategori target, 55 unit kendaraanan untuk desa yangola berprestasi  dan 3 unit kendaraan untuk kelurahan yang berprestasi dalam pengelolaan PBB.

“Jumlah kendaraan akan terus kami penuhi tentunya disesuaikan dengan jumlah anggaran yang tersedia. Harapan saya, secara bertahap seluruh kecamatan, desa dan kelurahan di kabupaten kuningan akan mendapatkan kendaraan operasional yang pendistribusiannya mengacu pada capaian prestasi dalam pengelolaan pajak bumi dan bangunan,” kata Bupati.

Ia juga menyampaikan dengan kegiatan ini apresiasi atau prestasi bukanlah tujuan akhir, tetapi meningkatkan kesadaran masyarakat untuk berkewajiban wajib pajak serta meningkatnya rasa tanggung jawab dari aparat selaku pengelola pajak itu lebih penting dan diutamakan.

“Perlu saya akui bahwa tingkat kesadaran masyarakat di sektor perdesaan masih jauh lebih baik dari masyarakat sektor perkotaan.  Hal ini dapat dilihat dari capaian realisasi atas potensi pajak bumi dan bangunan sektor perdesaan yang hampir mencapai 100, dan untuk perjalanan pengelolaan PBB Tahun 2020 sebagaimana data yang disampaikan oleh Bappenda bahwa terapi desa di seluruh bahwa  target pelunasan, sementara masih banyak tersisa piutang PBB yang masuk klasifikasi sektor perkotaan,” ujarnya.

Sumber: