Mahasiswa Indramayu Nahkodai SEMA PTKIN Se Indonesia

Mahasiswa Indramayu Nahkodai SEMA PTKIN Se Indonesia

RAKYATCIREBON.ID - Aktivis mahasiswa asal Indramayu yang juga Ketua Senat Mahasiswa (SEMA) IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Rohmawan terpilih menjadi Kordinator Pusat SEMA PTKIN se Indonesia pada Silaturrahmi Nasional (SILATNAS) kedua yang digelar di IAIN Samarinda, Kalimantan Timur Kamis-Minggu (17-20/12). Rohmawan terpilih secara musyawarah pada forum yang dihadiri 20 perwakilan PTKIN itu.

Terpilih menjadi Kordinator Pusat SEMA se Indonesia bagi Rohmawan merupakan sebuah tantangan. “\"Forum Senat Mahasiswa PTKIN Se-Indonesia ini dapat dimaksimalkan perannya dalam rangka mewadahi SDM unggul Senator Muda yang ada dilingkungan PTKIN dan mampu bersinergi dan berkolaborasi dalam mewujudkan tujuan bersama forum tersebut,” ungkapnya kepada Rakyat Cirebon.

SILATNAS kedua itu dibuka Rektor IAIN Samarinda, Prof Dr H M Ilyasin MPd ada Hari Kamis (17/12). Dalam paparannya, Ilyasin berujar IAIN Samarinda adalah representasi dari provinsi Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara. Di dua provinsi itu IAIN Samarinda satu-satunya kampus PTKIN di.

“Forum Silaturrahmi Nasional SEMA kali ini mengambil momentum yang tepat. Disaat maraknya isu intoleransi, radikalisme dan lain sebagainya di luar sana, SEMA PTKIN mengangkat sebuah tema tentang moderasi beragama yang diharapkan mampu untuk menangkal isu-isu yang ada di Indonesia ini,” ujar Rektor.

Rangkaian acara berupa Seminar Nasional yang bertemakan Integritas Senat Mahasiswa Dalam Mewujudkan Moderasi Beragama di Lingkungan PTKIN oleh 2 narasumber yaitu Dr Ruchman Basori M Pd selaku Kasubdit Sarana Prasarana dan Kemahasiswaan Dirjen Pendis Kementrian Keagamaan dan Dr KH Moh Mahrus SAg MHi selaku Wakil Dekan 1 FEBI IAIN Samarinda.

Selanjutnya agenda kegiatan SILATNAS ini merumuskan mengenai AD/ART, pemilihan Koordinator Pusat dan Penentuan tuan rumah RAKERNAS selanjutnya. Setelah menetapkan AD/ART yang diharapkan nntinya akan menjadi sebuah wadah yang sangat penting untuk membicarakan perihal kemahasiswaan di lingkungan PTKIN se-Indonesia.

Ketua SEMA IAIN Samarinda, Rahmiyati mengharapkan Forum SEMA ini tetap solid dan selalu aktif dalam gerakan dan mengawal kebijakan di lingkungan PTKIN se-Indonesia. Serta kebijakan pada pemerintah di daerah maupun pusat. 

“Pada akhir persidangan menetapkan UIN Sultan Thaha Saefuddin Jambi menjadi tuan rumah Rapat Kerja Nasional pada bulan 3 mendatang,” kata dia. (wan)

Sumber: