Ada Pengusaha Kebanyakan Guru, Profil Alumni Tadris IPS

Ada Pengusaha Kebanyakan Guru, Profil Alumni Tadris IPS

RAKYATCIREBON.ID – Jurusan Tadris IPS Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITk) IAIN Cirebon lakukan asesmen lapangan rangkaian proses reakreditasi selama dua hari, Jumat dan Sabtu (18-19/12) secara virtual.  Asesmen bakal di lakukan  guru besar Prof Dr Singgih Tri Sulistiyono Mhum dari Undip dan Prof Dr Erwin MSi dari Universitas Andalas.

Dekan FITK, Dr H Farihim Nur MPd menjelaskan, asesmen merupakan rangkaian wajib diikuti oleh jurusan yang ingin mendapatkan akreditasi terbaru dari BAN PT. Saat ini Jurusan IPS berakreditasi B. Melalui proses asesmen akreditasi baru bakal didapat. Nilai tergantung dari sejumlah aspek.

“Ada sejumlah hal pokok yang menjadi sorotan asesor.  Terkait visi misi jurusan, administrasi, kemudian data pamong, penjaminan mutu, mahasiswa dan lulusan, SDM, kurikulum, sistem akademik, pembiayaan, sarpras, sistem informasi dan kerja sama,” ujar Farihin kepada Rakyat Cirebon.

Dijelaskannya, Jurusan IPS telah mempersiapkan banyak hal untuk asesmen tersebut. Salah satunya merapikan administrasi jurusan. Di samping itu, profil lulusan Jurusan IPS terbukti mampu berkiprah sesuai bidangnya. Yakni sebagai pengajar dan pengelola pendidikan. Sehingga saat sesi wawancana dengan asesor dapat berjalan lancar.  

Meski demikian, banyak pula alumni Jurusan IPS yang berkiprah di jalur non pendidikan. Seperti pengusaha, penulis, politisi hingga aktivitas kemasyarakatan.  Semua itu bentuk keberhasilan Jurusan IPS dalam mendidik mahasiswanya. Sehingga setelah lulus langsung bisa berkiprah.

Farihin yakin, asesmen tahun ini bakal berbuah manis. Target capaian akreditasi A pun dianggap tak terlalu muluk. Mengingat sejumlah persiapan yang sudah dilakukan pihak jurusan. “Target akreditasi tahun ini adalah A. Jelas ada peningkatan karena sebelumnya akreditasi Jurusan IPS di level B,” ujar Farihin.  (wan)

Sumber: