BMKG: Waspadai Dampak Angin Kumbang

BMKG: Waspadai Dampak Angin Kumbang

RAKYATCIREBON.ID-Prakirawan BMKG Kertajati, Faa Iziyn mengungkapkan, kondisi cuaca angin kencang diperkirakan akan terjadi di wilayah Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan (Ciayumajakuning) dalam satu hari ke depan. 

Dirinya menjelaskan, peningkatan kondisi kecepatan angin di wilayah Ciayumajakuning hari ini dan besok disebabkan oleh adanya perbedaan tekanan udara yang cukup signifikan di wilayah utara dan selatan ekuator.

Terbentuknya pusat tekanan rendah di wilayah Utara ekuator tersebut mencapai 998 hPa. \"Sedangkan di wilayah selatan ekuator mulai terbentuk pusat tekanan tinggi (1037 hPa),\" ujar Faa Iziyn kepada Rakyat Cirebon, Senin (5/10).

Masih disampaikan Faa Iziyn, perbedaan tekanan yang cukup signifikan tersebut berpengaruh pada peningkatan kecepatan angin di wilayah Ciayumajakuning dan adanya pendukung faktor lokal gunung Ciremai (Angin Kumbang).

Sehingga, menyebabkan terjadinya peningkatan kecepatan angin di daerah timur wilayah Jawa Barat tersebut.

\"Berdasarkan hasil pengamatan hari ini (kemarin) dari BMKG Stasiun Meteorologi Kertajati arah kecepatan angin umumnya dari arah Tenggara hingga Selatan dengan kecepatan maksimum mencapai 56 kilometer per jam,\" ucapnya.

Oleh karena itu, kondisi tersebut membuat peningkatan kecepatan angin dan diperkirakan dapat mencapai nilai maksimum hingga 60 kilometer per jam dan masih akan berlangsung hingga 1 hari ke depan.

Pihaknya juga mengimbau masyarakat agar lebih waspada dan berhati-hati terhadap dampak secara langsung maupun tidak langsung yang dapat ditimbulkan. \"Seperti debu, pohon tumbang dan kebakaran lahan atau hutan,\" imbuhnya.(hsn)

Sumber: