Pegawai FUAD Qurban Sapi Hasil Arisan

Pegawai FUAD Qurban Sapi Hasil Arisan

RAKYATCIREBON.ID –  Inspiratif, 21 dosen Fakultas Ushuluddin Adab Dakwah (FUAD) IAIN Syek Nurjati Cirebon menggelar arisan untuk berqurban satu ekor sapi. Penyembelihan hewan qurban dan pendistribusian dagingnya dilakukan, Senin (3/8).

Ketua Panitia Qurban, Drs Anisul Fuad MSi mengatakan, pengadaan hewan qurban dari hasil arisan merupakan inovasi pegawai FUAD. Meski pertama dilakukan, nyatanya arisan dinilai cukup efektif untuk mendorong semangat pegawai dalam berqurban.

“Hewan qurban ini hasil dari 21 orang di internal Fakultas Ushuludin, Adab dan Dakwah (FUAD) dengan sistem arisan di mana satu orang dikenakan Rp1,25 juta,” ungkapnya kepada Rakyat Cirebon.

Anis menambahkan, jumlah anggota arisan ada 21. Secara berkala akan dikocok 7 orang pemenang arisan setiap tahunnya yang juga sekaligus diatasnamakan qurban. Untuk menggenapi 21 anggota arisan, maka masih ada 2 kali kocok lagi di Idul Adha berikutnya.

Dari hasil hewan qurban itu, diperoleh sekitar 150 kantong daging qurban yang dibagikan kepada pegawai honorer IAIN, warga sekitar kampus dan sejumlah yayasan anak yatim. “Ini sebagai bentuk pengabdian dan kepedulian kepada masyarakat di lingkungan kampus dan juga sebagai bentuk amal sholeh,” kata dia.

Sementara itu, Dekan FUAD IAIN Cirebon, Dr H Hajam MAg mengapresiasi inisiatif pegawai dalam pengadaan hewan qurban melalui airsan ini. Menurutnya, selain bernilai ibadah berqurban dengan sistem arisan juga berguna untuk meningkatkan keguyuban antar pegawai di lingkungan FUAD.

“Selain itu, untuk memupuk rasa persaudaraan dan saling mengasihi antar sesama. Inilah bentuk pengabdian yang selalu kita tanamkan dan kita jalankan,” kata dia. (wan)

Sumber: