Apel Merah Makanan Favorit Ikan Dewa

Apel Merah Makanan Favorit Ikan Dewa

RAKYATCIREBON.ID-Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, setiap libur lebaran obyek wisata di Kabupaten Kuningan selalu dipadati oleh ribuan wisatawan. Salah satunya obyek wisata Cibulan yang berada di Desa manis kidul Kecamatan Jalaksana Kabupaten Kuningan.

Para wisatawan belum afdhol rasanya jika ke Kuningan belum bertemu ikan endemik yang satu ini. Ialah ikan dewa, merupakan ikan endemik yang konon disakralkan oleh leluhur masyarakat kuningan.

Meski disakralkan karena bentuk dan keberadaannya yang langka, wisatawan dapat aman berenang dengan ikan ini di Cibulan. Obyek Wisata Cibulan, merupakan salah satu habitat tertua ikan dewa ini.

\"\"

Namun sejak wabah virus corona (covid-19) melanda, obyek wisata ikut terdampak dan sudah tidak beroperasi karena mengikuti anjuran pemerintah, agar ikan dewa tetap lestari pengelola pun rutin memberi makan kesukaannya yakni apel merah.

\"Saya sendiri kurang tahu, namun dari dulu rutin dikasih makan apel merah, karena apel merah adalah makanan kesukaannya,\" kata Direktur OW Cibulan Didi Sutardi, Minggu (24/5)

Kepada wisatawan, kata Didi, dirinya sering menghimbau untuk tidak memberi makan sembarangan karena dikhawatirkan terjadi keracunan atau kejadian yang tidak diinginkan. Wisatawan hanya boleh memberi makan apel merah.

\"Alhamdulillah walaupun sudah dua bulan tidak beroperasi, rejeki untuk memberi makan ikan dewa selalu ada, biasanya ada dari pengunjung,\" tuturnya.

Didi berharap wabah virus covid-19 ini cepat berlalu dan obyek wisata segera pulih kembali. \"Kita bisa mengambil hikmah dari semua ini, mari kita berdoa semoga wabah virus corona segera berakhir,\" pungkasnya.(ale)

Caption:Direktur OW Cibulan sedang memberi makan ikan dewan dengan makanan favoritnya yakni apel merah.

Sumber: