Banyak Oknum Peradilan Kotor, APHI Jabar Minta Ketua MA Baru Tingkatkan Fungsi Pengawasan

Banyak Oknum Peradilan Kotor, APHI Jabar Minta Ketua MA Baru Tingkatkan Fungsi Pengawasan

RAKYATCIREBON.ID - Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Asosiasi Profesi Hukum Indonesia (APHI)  Jawa Barat (Jabar) Dr H Sugianto SH MH  meminta Ketua Mahkamah Agung (MA) RI  Periode 2020-2025,  Dr H Mochamad Syarifudin SH MH meningkatkan fungsi pengawasan pada kinerja hakim, aparatur MA dan peradilan dibawahnya.

Menurut Sugianto, kedudukan MA  sebagai lembaga tinggi negara di bidang yudikatif dalam penegakan hukum dan keadilan juga perlu melakukan  penguatan pengawasan. Apalagi berdasar pada Maklumat MA no 1/2017 MA berwenang mengawasi kinerja hakim dan lembaga peradilan.

Pasalnya, meski sudah 3 tahun maklumat tersebut dilayangkan, masih saja ada sejumlah persoalan. Seperti belum tersosialisasi dengan baik dikalangan internal Mahkamah Agung  dan peradilan dibawahnya.

Terbukti kata Sugianto, publik banyak menyoroti oknum peradilan yang bermain kotor akibat  lemahnya pengawasan di internal MA dan peradilan dibawahnya, sehingga banyak oknum hakim dan aparaturnya yang tersangkut proses hukum. Hingga  tersangkut OTT KPK/Kejaksaan dan Kepolisian.

\"DPD APHI Jabar berharap dapat menekankan Bawas (Badan Pengawas) Mahkamah Agung untuk dapat memperkuat pondasi  lembaga MA RI dan peradilan dibawahnya agar lebih bermartabat,\" ujar pria yang juga Ketua Prodi Hukum Keluarga Pascasarjana IAIN Syekh Nurjati Cirebon itu.

Salah satu upaya untuk merealisasi Maklumat MA no 1/201 adalah menjalin sinergi dengan  Komisi Yudisial RI. Sehingga bila pengawasan dapat diperketat. Diharapkan tidak ada lagi oknum-oknum hakim dan aparatur hukum  yang bermain kotor dalam  memutus perkara peradilan.

\"Saya berharap hukum harus ditegakkan dengan baik dengan mengedepankan keadilan bermartabat,\" Sugianto. (wan)

Sumber: