Tak Mau Tertinggal, Siswa MA PUI Tenajar Lor Ingin Lanjut Kuliah

Tak Mau Tertinggal, Siswa MA PUI Tenajar Lor Ingin Lanjut Kuliah

RAKYATCIREBON.ID - Meski belajar di sekolah swasta, siswa Madrasah Aliyah PUI Tenajar Lor, Kertasemaya, Indramayu tak memutus asa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Mereka masih bersemangat mengubah nasib melalui pendidikan.

Sekitar 35 siswa MA PUI dari jurusan IPA dan IPS berkunjung ke IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Selasa (4/2). Didampingi Kepala MA dan jajaran guru, kedatangan siswa ingin tahu lebih detil tentang kampus tersebut.

Kepala MA PUI Taufik SPdI menyampaikan, bukan pekerjaan mudah mendorong siswa lanjut kuliah. Lantaran sebagian besarnya berasal dari kalangan ekonomi menengah ke bawah. Untuk itu pihaknya sebisa mungkin memberikan akses perguruan tinggi yang sesuai dengan profil siswa.

Ditambah lagi, lanjut Taufik, IAIN Cirebon juga sangat cocok dengan kompetensi lulusan MA. Sama-sama lembaga pendidikan berhaluan Islam. \"Apalagi sebagian besar guru-guru dari MA PUI adalah alumni IAIN Syekh Nurjati. Sehingga sudah sangat dekat sekali,\" kata Taufik dalam sambutannya.

Senada, Wakil Kepa MA PUI Bidang Kurikulum, Latifatul Khoir mengatakan, tahun ini MA PUI bakal meluluskan sekitar 25 siswa. Tidak banyak memang. Namun minat siswa melanjutkan ke perguruan tinggi tidak surut. \"Tahun ini 25 siswa (lulusan) karena siswanya ada 26 kelas XII,\" tambah dia.

Wakil Rektor I IAIN Cirebon, Dr Saifudin Zuhri MAg dalam sambutannya menjabarkan, IAIN menjadi pilihan kompetitif bagi lulusan MA. Lantaran terdapat banyak program studi yang sejalan dengan pendidikan keislaman selama di MA. Ditambah lagi sejumlah fasilitas lain yang mendukung pembelajaran dan kegiatan mahasiswa.

\"Dan yang paling penting lulusannya dijamin bisa jadi imam solat magrib, isa dan subuh,\" tukas dia. (wan)

Sumber: