Buka Pelayanan Senja Hari di Mall, Kantor Imigrasi Mencatat 521 TKA di Wilayah III Cirebon

Buka Pelayanan Senja Hari di Mall, Kantor Imigrasi Mencatat 521 TKA di Wilayah III Cirebon

RAKYATCIREBON.ID-Untuk meningkatkan pelayanan, dalam waktu dekat, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Cirebon akan memberikan pelayanan senja hari kepada masyarakat di salah satu mall yang ada di Kota Cirebon.

Hal tersebut dikatakan Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Cirebon, M. Tito Andrianto, usai mengikuti kegiatan Fun Bike di halaman Kantor Imigrasi Kelas I TPI Cirebon, Jl Sultan Ageng Tirtayasa, Kecamatan Kedawung, Kabupaten Cirebon, Sabtu (18/1/2020).

\"Di Mall itu nantinya akan ada pelayanan imigrasi hingga pukul 20.00 WIB, dan tahap awal dilakukan dua kali dalam tiap minggunya,\" kata Tito.

Dilaporkan, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Cirebon juga mencatat ada 521 tenaga kerja asing (TKA) di Wilayah III Cirebon.

Seluruh TKA itu tersebar di Kota dan Kabupaten Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Cirebon, M Tito Andrianto, mengatakan Kabupaten Majalengka merupakan daerah yang jumlah TKA paling banyak.

Mengingat daerah berjuluk Kota Angin itu tengah berkembang pesat setelah kehadiran BIJB Kertajati.

\"Kami tidak merinci perbandingannya di Wilayah III Cirebon tapi TKA di Majakengka itu paling banyak,\" kata M Tito Andrianto saat ditemui setelah Fun Bike Hari Bhakti Imigrasi ke-70 di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Cirebon, Jl Sultan Ageng Tirtayasa, Kecamatan Kedawung, Kabupaten Cirebon, Sabtu (18/1/2020).

Selanjutnya daerah yang jumlah TKA terbanyak kedua ialah Kabupaten Cirebon, disusul Kota Cirebon, Indramayu, dan Kuningan.

Ia mengatakan, seluruh TKA tersebut rata-rata bekerja sebagai tenaga ahli di sejumlah industri yang baru didirikan di Wilayah III Cirebon.

Rata-rata TKA itu berasal dari Tiongkok, Korea Selatan, India, Malaysia, Taiwan, dan lainnya.

\"Ada juga TKA yang bekerja di bidang perdagangan, konstruksi dan bangunan, serta lainnya,\" ujar M Tito Andrianto.

Sementara itu, Kepala Divisi (Kadiv) Keimigrasian, Kanwil Kemenkumham Jawa Barat Dodi Heru Tjondro mengatakan, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Cirebon salah satu contoh roll model di Jawa Barat yang sudah mendapatkan WBK dan WBBM wilayah bebas dari korupsi wilayah birokrasi bersih pelayanan.

\"Target ke depan pihak Imigrasi akan selalu meningkatkan pelayanan, bukan hanya saat Hari Bhakti Imigrasi saja, namun terus dilakukan setiap harinya,\" ujar Dodi.

Sumber: