Civitas Akademika IAIN Cirebon Laksanakan Salat Gerhana

Civitas Akademika IAIN Cirebon Laksanakan Salat Gerhana

RAKYATCIREBON.ID-IAIN Syekh Nurjati Cirebon menggelar salat gerhana di Masjid Al-Jamiah, Kamis (26/12) untuk menyambut fenomena astronomi gerhana matahari cincin. Dipimpin Kepala Pusat Laboratorium Ibadah, H Agung Fadilah MAg, salat gerhana diikuti puluhan jamaah yang terdiri dari mahasiswa dan pegawai di lingkungan kampus IAIN tepat pukul 11.00 dilanjut dengan khutbah.

Diketahui, gerhana matahari cincin ini bisa dilihat dari berbagai provinsi di Indonesia. Di antaranyanya Aceh, Sumut, Riau, Kepulauan Riau, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara dan Kalimantan Timur. Gerhana matahari cincin muncul kembali setelah terakhir terjadi pada 26 Januari 2009 silam.

\"\"

Dalam khutbahnya, H Agung Fadilah MAg mengungkapkan, salat gerhana matahari cincin merupakan wujud syukur atas terjadinya fenomena langkah yang bisa disaksikan di tanah air. Selain itu, pelaksanannya juga mengikuti imbauan Kementerian Agama Republik Indonesia agar PTKIN yang ada menggelar salat gerhana matahari serentak.

“Pertama ini adalah wujud rasa syukur kita. Saya menyampaikan untuk selalu bersedekah. Kemudian mengangumi kekuasaan Allah yang telah menciptakan perputasan bumi dan matahari berjalan sesuai porosnya,” ungkapnya kepada Rakyat Cirebon, kemarin.

Selain itu, lanjut Agung, bagi jamaah, pelaksanaan gerhana matahari tersebut merupakan pengalaman yang baik. Pasalnya, salat gerhana termasuk salat sunah yang paling jarang dilaksanakan karena harus berbarengan dengan terjadinya gerhana. Sehingga, selayaknya, salat gerhana ini disambut antusias jamaah.

H Agung berharap, salat gerhana dapat meningkatkan ketaqwaan umat Islam. Juga memperkuat persaudaraan. “Dapat diambil manfaatnya untuk meningkatkan ketaqwaan kita sebagai hambah dan meningkatkan persaudaraan sesama umat Islam,” tandasnya. (wan)

Sumber: