Buku Mendakwahkan Smiling Islam Dibedah di Cirebon

Buku Mendakwahkan Smiling Islam Dibedah di Cirebon

BEDAH. Buku Mendakwahkan Smiling Islam karya Prof H Abdurahman Mas\'ud PhD dibedah di Hotel Aston, Cirebon, Kamis (7/11). Bedah buku ini diinisiasi Puslitbang Bimas Agama Layanan Keagamaan Kementerian Agama Republik Indonesia bekerjasama dengan IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
RAKYATCIREBON.CO.ID – Buku Mendakwahkan Smiling Islam karya Prof H Abdurahman Mas\'ud PhD dibedah di Hotel Aston, Cirebon, Kamis (7/11). Bedah buku ini diinisiasi Puslitbang Bimas Agama Layanan Keagamaan Kementerian Agama Republik Indonesia bekerjasama dengan IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Secara substansi buku Mendakwahkan Smiling Islam berisi gambaran perjalanan penulis, Prof H Abdurahman Mas\'ud PhD tentang Islam.  Diketahui, sebelum menduduki posisi tertinggi, Prof Abdurahman  merupakan lulusan pesantren. Usai mondok, Prof Abdurahman melanjutkan pendidikan formal dan lulus program doktoral di Amerika.

Perjalanan pendidikan dan pengamatan kehidupan keberagamaan Islam Prof Abdurahman kemudian dituangkan dalam sebuah buku. “Kepala Badan Litbang dan Diklat Kemenag yang dari awal lulusan pesantren dan S3nya di Amerika Serikat dan sekarang menduduki posisi tertinggi yaitu pejabat eselon 1 di Badan Litbang Kemenag,” ujar Kasubag Puslitbang Bimas Agama, Rizky Riyadu Taufik.

Bedah buku ini diikuti  70 peserta dari berbagai kalangan di lingkungan Kementerian Agama. Mulai dari civitas akademika IAIN Syekh Nurjati Cirebon, dosen dari kampus sekitar wilayah Cirebon, Penyuluh Agama,  dan sejumlah Ormas Islam. Dalam hal ini, Rektor IAIN Cirebon, Dr H Sumanta Hasyim MAg didapuk menjadi pembanding.

Rizky mengatakan, kegiatan ini merupakan agenda rutin yang diselenggarakan Puslitbang Bimas Agama. Dalam  tahun ini, ada 4 buku yang akan dibedah. Namun lokasi penyelenggaraan  dan tema yang dibahas berbeda. Tema mencakup dan kerukunan beragama, moderasi Islam, dan harmoni.

Kita hari ini kegiatan bedah buku, ini kegiatan rutin. Untuk tahun ini ada 4 yang salah satunya Mendakwahkan Smiling Islam. Puslitbang Bimas Agama Layanan Keagamaan dan kita bekerjasama dengan IAIN Syekh Nurjati Cirebon untuk melakukan bedah buku. Kegiatannya full day hari ini,” tukas dia. (wan)

Sumber: