Pascasarjana IAIN Cirebon Siapkan SDM Unggul pada Era 4.0

Pascasarjana IAIN Cirebon Siapkan SDM Unggul pada Era 4.0

Guru Besar  Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, Prof Dr H Muhammad Ali MPd MA (tengah) jelaskan pentingnya SDM Unggul dalam Studium General ‘Tuntutan terhadap Pendidikan Berkualitas Pada Era Revolusi Industri 4.0, Sabtu (14/9).
RAKYATCIREBON.CO.ID – Zaman terus berubah dan berkembang. Perguruang tinggi dituntut melakukan penyegaran agar mampu terus menghadirkan proses pembelajaran yang sesuai kebutuhan zaman.

Hal itu disadari betul oleh Pascasarjana IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Sabtu (14/9), unsur pimpinan, dosen, dan mahasiswa berkumpul di aula menyimak paparan Guru Besar  Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, Prof Dr H Muhammad Ali MPd MA dalam Studium General ‘Tuntutan terhadap Pendidikan Berkualitas Pada Era Revolusi Industri 4.0.
Ali membeberkan, kemajuan teknologi tak bisa ditolak. Bahkan di tahun-tahun berikutnya bakal lebih berkembang lagi. Sebagai insan pendidikan, mampu beradaptasi dengan zaman adalah keharusan.
Terkait topik bincang Revolusi Industri 4.0, kata Ali ada topik dunia. Banyak akademisi membincang topik ini sebagai bentuk persiapan mereka menghadapi tantangan zaman. Di skup IAIN,  Revolusi Industri 4.0 harus jadi pemicu peningkatan mutu pendidikan.
“Ini era bukan bersantai-santai ria dengan posisinya. Jadi setiap orang dituntut untuk bisa literasi, yaitu dengan banyak membaca. Karena Islam juga mengajarkan untuk iqra’ (membaca). Kalau kita kuliah hanya mengandalkan apa yang disampaikan dosen kita akan ketinggalan,” papar dia.
Ali melanjutkan, era Revolusi Industri 4.0 bagi dunia pendidikan berarti berbicara SDM unggul. Dosen dituntut untuk menerapkan teknologi dalam pembelajaran. Bukan hendak meninggalkan metode konvensional, namun hal itu bagian dari pembiasaan agar teknologi melekat dengan keseharian.
 “Akumulasi SDM berkualitas menjadi critical mass yang memperkuat kinerja ekonomi, karena dapat meningkatkan produktifitas peserta didik. Makanya cara yang baik di era 4.0 adalah mahasiswa banyak membaca, menulis dan mempublikasikan karya-karya,” jelasnya.
Ali menjelaskan, ada beberapa ciri yang  bisa diamati dari era Revolusi Industri 4.0 di dunia pendidikan. Yakni lompatan eksponensial dalam teknologi digital, transformasi pada sistim produksi manajemen dan tata kelola.
“Jadi keunggulan kompetitif secara nasional dan regional banyak ditentukan oleh kemampuan mengelola peluang sebagai dasar pembuatan kebijakan termasuk pada sektor pendidikan,” tutup dia. (wan)


Sumber: