Penelitian 2020, IAIN Kaji Kearifan Lokal Cirebon

Penelitian 2020, IAIN Kaji Kearifan Lokal Cirebon




RAKYATCIREBON.CO.ID - Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Institut Agama Islam Negeri (IAIN)Syekh Nurjati Cirebon menggelar kegiatan Sosialisasi Program Penelitian 2020 dengan tema ‘Menggali Kearifan Lokal Cirebon, Mengembangkan untuk Indonesia, Rabu (7/8) di aula rektorat kampus setempat.

Kegiatan ini diikuti 150 dosen IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Kegiatan tersebut bertujuan untuk sosialisasi kebijakan dan teknis program penelitian 2020, mulai dari pengajuan proposal hingga pelaporan Kegiatan dihadiri Kasubdit Penelitian dan Pengabdian Kementerian Agama RI  Dr Suwendi, MAg sebagai narasumber, H Ahmad Yani MAg sebagai Ketua LP2M IAIN Syekh Nurjati Cirebon didampingi Budi Manfaat, MSi sebagai Kapuslitpen.

Dr Suwendi MAg dalam pemaparannya menyampaikan tentang kebijakan kementerian agama tentang Agenda Riset Keagamaan Nasional (ARKAN). Suwendi banyak menyitir tema-tema menarik yang layak untuk diteliti, terutama yang merupakan kekhasan lokal Cirebon (kearifan lokal Cirebon) dan teknis penelitian 2020.

Sementara itu, Kepala LP2M H Ahmad Yani MAg menyinggung, penelitian tentang kearifan lokal Cirebon diharapkan dapat memperkaya khazanah kecirebon. Di samping itu, perlunya keterlibatan akademisi dalam menggali dan mengenalkan potensi kearifan lokal Cirebon. Menurutnya, Cirebon sangat kaya.

“Mengangkat kearifan lokal Cirebon yang sangat kaya. Dimana akademisi diharapkan bisa terlibat dalam mempopulerkan Cirebon,” tukas dia. (wan)

Sumber: