Kunjungan Balasan ke UI untuk Helat Pertandingan Beberapa Cabor

Kunjungan Balasan ke UI untuk Helat Pertandingan Beberapa Cabor



RAKYATCIREBON.CO.ID - Universitas Indonesia dan IAIN Syekh Nurjati Cirebon menggelar wisata olahraga dengan melakukan pertandingan persahabatan beberapa cabang olahraga beberapa waktu lalu. Salah satu yang diperbandingkan adalah olahraga tenis yang bertempat di GOR Bima, Kota Cirebon.

Wakil Rektor UI Bidang Kerjasama dan Sumber Daya Manusia Dedi Priadi mengatakan, selain wisata olahraga, kunjungan UI juga untuk menjalin kerjasama dan pembinaan kepada kampus-kampus yang ada di daerah.

“Kerjasama tersebut tentunya di bidang pendidikan yang meliputi penelitian maupun kegiatan kemahasiswaan maupun kerjasama lainnya.Kita sedang mapi b kerjasama apa saja. Di UI kan ada Fakultas Ekonomi dan Bisnis dan salah satu studinya Ekonomi Syariah. Jadi mungkin bidang ini dulu yang bisa dikembangkan,” katanya.

Menurutnya, kerjasama yang tengah dibahas ini tidak akan melulu di bidang keagamaan. Di UI sendiri mempunyai program kajian Timur Tengah dan pengembangan pesantren. Selain itu, juga ada program administrasi pelayanan publik untuk dibuka di IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Sehingga pegawai yang ada di wilayah Cirebon bisa melanjutkan pendidikannya di jenjang S2 di kampus tersebut.

“Kami mempunyai tugas pembinaan untuk perguruan tinggi di daerah. UI adalah Universitas Indonesia dan untuk Indonesia. Kita bisa membantu dalam rangka membina, seperti pengembangan dan peningkatan SDM. IAIN juga harus bisa merangkul pemerintah dan masyarakat di daerah. Sedangkan untuk tindaklanjut kerjasama ini kita menunggu kunjungan balasan dari IAIN Cirebon ke UI untuk membahasnya,” ujarnya.

Sementara itu, Rektor IAIN Syekh Nurjati Sumanta Hasyim mengatakan, secara informal UI memiliki IT Ekonomi Syariah yang bisa digunakan oleh IAIN.

“Kita bisa kerjasamakan di S2. Nanti pihak UI akan mengundang kita dan kita akan pilah yang mana yang akan kita tindaklanjuti, mungkin secepatnya ya,” tuturnya.

Menurutnya, akan ada banyak manfaat yang dirasakan oleh IAIN Syekh Nurjati Cirebon dengan melakukan kerjasama tersebut.

“Banyak sekali manfaatnya, di antaranya akreditasi, kita bisa belajar dari perguruan tinggi yang lebih tua dan berpengalaman yang mahasiswanya lebih dari 40 ribu orang,” katanya. (wan)

Sumber: