Sudah 2 Juz, Mahasiswa PGMI Ditantang Hafal 8 Juz

Sudah 2 Juz, Mahasiswa PGMI Ditantang Hafal 8 Juz




RAKYATCIREBON.CO.ID - Sebanyak 141 mahasiswa semester 2 Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon mengikuti kegiatan Khotmil Qur’an dan Tahfidz Juz 30 dan 1 di aula Gedung SBSN kampus setempat, Senin (8/7).

Ketua Jurusan PGMI, Syibli Maufur MPd menjelaskan, kegiatan ini merupakan program jurusan dan salah satu mata kuliah (MK) Qiroah dan Tahfidz yang diajarkan di jurusan PGMI. Syibli mengatakan, kompetensi membaca dan menghafal Alquran menjadi tren baru bagi guru MI dan SD. Untuk itulah, sebagai calon guru MI dan SD, mahasiswa PGMI diberi bekal sedari dini untuk menghafal Alquran agar mampu menjawab tantangan zaman.
 
“Melalui program ini kita menyiapkan anak didik kami. Bahwa alumni jurusan PGMI di IAIN Syekh Nurjati Cirebon siap untuk mengajarkan hafalan alquran juz 30 dan juz 1. Ini adalah khotmil yang ke dua, khotmil yang kemarin itu dilakukan untuk semester 8. Untuk kali ini kami mengadakannya di semester 2, karena kami anggap di semester ini masih jernih dan masih lebih semangat,” ungkapnya kepada Rakyat Cirebon, kemarin.

Di tataran kampus, MK Qiroah dan Tahfidz juga dinilai efektif untuk membantu mahasiswa PGMI dalam menyelesaikan pembelajaran dan ujian baca dan teori Alquran di Pusat Pengembangan Tilawatil Quran (PPTQ) pada semester awal. “Kalau mahasiswa di jurusan lain ada yang baru lulus PPTQ itu di semester 7 atau 8, kami harap di jurusan PGMI mahasiswa bisa lulus PPTQ di semester 1 atau 2 saja. Sehingga tidak menghambat perkuliahan,” katanya.

Selain itu, lanjut Syibli, untuk meningkatkan daya saing dan kemampuan, mahasiswa Jurusan PGMI tidak hanya menghafal juz 30 dan 1 saja, tetapi pihaknya juga telah mencanangkan program satu semester satu juz. “Sehingga dalam 8 sementer bisa 8 juz,” harapnya.
Dia mencatat, sebanyak 95 persen alumini jurusan PGMI IAIN Syekh Nurjati Cirebon bekerja sesuai bidangnya, yaitu menjadi tenaga pendidik di MI maupun SD. Angka itu menjadi indikator kualitas lulusan jurusan tersebut sangat tinggi, sehingga peluang untuk menjadi tenaga pendidik pun sangat terbuka lebar.
Di lokasi yang sama, Wakil Dekan III Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Dr H Saefudin MAg memberi apresiasi kegiatan Khotmil Quran dan Tahfidz Juz 30 dan 1 ini. Menurutnya, kegiatan tersebut layak didukung dan dikembangkan. Saefudin menantang mahasiswa Jurusan PGMI untuk tidak berhenti menghafal Alquran.
“Semester 2 menghafal 2 juz. Kalau semester 8 bisa menghafal 8 jus, itu lulusan PGMI setara dengan mahasiswa Al-Azhar,” tegasnya. (wan)

Sumber: