Pembelajaran Demokrasi Diberikan Sejak Dini

Pembelajaran Demokrasi Diberikan Sejak Dini



RAKYATCIREBON.CO.ID - Pembejaran dan Pengamalan berdemokrasi harus ditanamkan sejak dini kepada siswa sekolah baik dasar maupun tingkat lanjutan sebagai upaya untuk membentuk karakter bangsa yang kuat dalam sistem negara demokrasi.

Hal itu yang dilakukan oleh MTs Ma\'arif Cikedung Maja Kabupaten Majalengka dengan melaksanakan kegiatan Pemilu Raya untuk memilih Ketua OSIS Masa Bakti 2018 - 2019 di Lapangan MTs Ma\'arif Kamis, (29/3).

Ketua Panitia, Dede Asep Maulana mengatakan, Pemilu Raya merupakan agenda rutin tahunan yang diselenggarakn oleh Osis untuk memilih Ketua OSIS. Pemilu Raya itu diakui, sengaja didesain seperti layaknya pemilu yang ada di negara Indonesia baik pemilihan legislatif maupun presiden.

\"Pemilu Raya ini diikuti oleh seluruh civitas akademika di MTs untuk memilih Ketua OSIS yang baru. Desain acaranya memang seperti pemilu yang ada di negara kita, semua persis sama dari mulai calon, pendataan pemilih, tinta pemilih maupun kotak suara,” tambah siswa kelas IX itu.

Ditempat yang sama Pembina OSIS, Endin Muhtadin MAg mengungkapkan, program OSIS setiap tahunnya memang diawali dengan Pemilu Raya sebagai tahap awal menyiapkan kader-kader pilihan yang akan mengisi struktur kepengurusan.

Dengan adanya kegiatan tersebut, pihaknya berharap ada pemahaman dan pengetahuan bagi siswa dalam berdemokrasi dan berorganisasi.

\"Pemilu Raya ini sebagai program awal dan tahap pertama terbentuknya kepengurusan OSIS. Pemilu Raya ini juga hanya salah satu dari cara mengenalkan demokrasi dan berorganisasi kepada siswa,” jawab pria yang jadi kandidat doktor itu.

Lebih jauh, ia juga menjelaskan tahapan-tahapan program OSIS setelah dilaksanakannya Pemilu Raya maka akan diadakan seleksi kepengurusan OSIS melalui Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS). \"LDKS digelar selama dua hari untuk menyeleksi kepengurusan OSIS,\" paparnya.

Sementara itu, Kepala MTs Ma\'arif Cikedung Maja, Drs H E Afief Alfiana MSi dalam sambutannya mengharapkan, adanya berbagai kegiatan pembelajaran bisa memberikan pengetahuan dan pengalaman bagi siswa dalam membekali dirinya untuk siap tampik dikemudian hari.

\"Melalui kegiatan-kegiatan yang ada diharapkan pada akhirnya siswa mempunyai bekal untuk kehidupan yang akan datan,” harapnya. (hsn)

Sumber: