Tahun Ini, Target Inflasi Lebih Berat

Tahun Ini, Target Inflasi Lebih Berat

\"tpid

RAKYATCIREBON.CO.ID  - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Cirebon bersama seluruh perwakilan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) di wilayah Ciayumajakuning melaksanakan High Level Meeting (HLM) TPID dengan tema khusus di tahun 2018, Selasa (13/2).

Pada kesempatan itu, dirumuskan sejumlah rekomendasi untuk meningkatkan strategi antar daerah dalam pembangunan ekonomi. Salah satu rumusan yang menonjol ialah sinergi website terkait harga komoditas untuk kegiatan TPID di wilayah Ciayumajakuning.

Selain itu, juga dicetuskan pelaksanaan operasi pasar murah bersama antar TPID di wilayah Ciayumajakuning guna mendukung terwujudnya kerjasama antar daerah.

Kegiatan yang diikuti oleh kurang lebih perwakilan dinas atau instansi terkait yang menjadi anggota TPID di seluruh wilayah Ciayumajakuning ini dihadiri oleh unsur pimpinan daerah.

Seperti Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Kepala Dinas, Sekretaris Dinas serta beberapa pimpinan lembaga atau asosiasi yang terlibat di dalam TPID.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kota Cirebon, Yoyon Indrayana menjelaskan, pencapaian inflasi di tahun 2017 mulai dari program khusus hingga program umum yang dinilai cukup berhasil.

Pencapaian angka inflasi sebesar 4,36 persen year on year masih di dalam target inflasi nasional sebesar 4 persen plus 1 persen.

Namun demikian, kata Yoyon, tantangan pencapaian target inflasi di tahun ini dirasa lebih berat dibanding 2017. Yaitu diangka 3,5 persen plus 1 persen.

Terlebih dengan adanya ancaman perubahan pola tanam, rencana kenaikan tarif cukai rokok, kemungkinan kenaikan harga minyak dunia. Serta kemungkinan penerapan batas atas dan batas bawah tarif angkutan pesawat.

\"Melalui penguatan koordinasi antar TPID di Ciayumajakuning sekaligus meningkatkan upaya kerjasama antar daerah diharapkan segala kendala tersebut dapat diminimalisir dan target inflasi tahun 2018 dapat tercapai,\" ungkap Yoyon saat memimpin HLM, kemarin.

Lebih detil, Yoyon menyampaikan rencana program kerja baik program kerja masing-masing TPID maupun program kerja bersama TPID di Ciayumajakuning tahun 2018 menjadi tantangan yang harus dihadapi bersama. 

\"Tantangan pengendalian inflasi yang mungkin dihadapi oleh TPID dalam mewujudkan pengendalian inflasi daerah untuk tahun 2018 sekaligus dibahas mengenai program-program unggulan TPID dari masing-masing daerah,\" kata dia. (wan)

Sumber: