Pemdes Tanggung Biaya Rawat Inap Warga Cibulan

Pemdes Tanggung Biaya Rawat Inap Warga Cibulan

\"pemdes

RAKYATCIREBON.CO.ID  - Pemerintah Desa (Pemdes) Cibulan Kecamatan Cidahu bukan hanya membangun fisik saja. Namun,  mampu meluncurkan kartu layanan kesehatan dan pendidikan.

Hal ini terungkap saat penyerahan kartu kesehatan dan pendidikan oleh Wakil Bupati Kuningan, H Dede Sembada di halaman desa setempat, kemarin. Hadir Camat Cidahu Rusmiadi, Kapolsek Iptu Saepudin, Danramil, UPTD pertanian, UPTD Puskesmas dan juga unsur penopang keluarga PKK, pemuda dan masyarakat.

Kepala Desa Cibulan Iwan Gunawan SIP mengatakan, pihaknya berkomitmen memberikan pelayanan kepada masyarakat bukan hanya mengenai bangunan fisik saja. Namun, jauh lebih penting yaitu memberikan pelayan jiwanya untuk masyarakat.

Seperti, layanan kesehatan masyarakat, dimana berhak mendapatkan rawat inap ditingkat kecamatan Cidahu yang biayanya ditanggung semua oleh pemerintah Desa Cibulan.

“Semua layanan kesehatan termasuk persalinan ditanggung oleh Pemdes, namun kerjasama ini baru ke tingkat Kecamatan. Kedepannya diharapkan bisa tingkat Rumah Sakit Derah,” ujar Iwan.

Selain kesehatan, kata dia, pendidikan juga menjadi tanggungjawab desa dengan target satu keluarga bisa meluluskan ketingkat SMU sederajat. Tentunya dilihat dari ketidak mampuan dan ada diberikan beasiswa bagi anak yang berprestasi.

\"Adapun anggaran yang dialokasikan untuk kartu sehat sebesar Rp75 juta, kartu pintar Rp25 juta kartu ibu dan anak Rp25 juta, dan rutilahu sebesar Rp75 juta dibagi 5 dusun untuk satu rumah Rp15 juta, dan juga dilakukan penyerahan KTA PKK sebanyak 150 orang,\" sebut dia.

Tidak sampai disitu, ia juga kedepan akan dialokasikan sebesar Rp175 juta untuk pengadaan kendaraan pelayanan kesehatan. Sehingga hal ini akan mempercepat penanganan terutama ibu hamil.

Khusus pengolahan sampah pun tak luput jadi perhatian dengan memberdayaan masyarakat untuk mengolah sekaligus menyediakan kendaran pengikut sampah.

Menuju desa agamis, ia juga memiliki program. Diantaranya, yasinan rutin setiap Jumat pagi di kantor desa. Yasinan ini dilakukan juga di lima dusun dengan jadwal yang berbeda di masing-masing dusun.

Kegiatan ini menjadi sarana untuk meningkatkan silaturahim dalam rangka membangun desa dengan kerangka kebersamaan dan kekompokan, yang dilandasi dengan nilai-nilai agama.

\"Kaitan untuk hiburan hajatan agar memperhatikan sopan santun, dengan tidak menampilkan hiburan yang seronok hal ini sudah disepakati para ulama yang ada dan tokoh masyarakat,” paparnya.

Sementara itu, Wabup Kuningan Dede Sembada memberikan apresiasi kepada Kepala Desa yang bisa merealisasi visinya. Atas apa yang telah dilakukan hari ini. Kepala Desa Cibulan telah mampu menerjemahkan bangunlah jiwanya, bangunlah fisiknya.

Adanya inovasi-inovasi dengan melakukan terobosan daalm menjalankan visinya desa yang bersih, sehat. Indah dan raharja dapat terwujud.

“Apa yang dilakukan Desa Cibulan. Semoga akan menjadi percontohan untuk desa lainya dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dengan memperhatikan kesehatan, pendidikan, dan pemberdayaan masyarakat,” Dede.(ale)

Sumber: