Dishub Genjot Optimalisasi Terminal

Dishub  Genjot Optimalisasi Terminal

LOSARI - Dinas Perhubungan Kabupaten Cirebon akan menertibkan terminal Losari berupa pemasangan portal permanen. Hal itu dilakukan guna kenyamanan Angkutan Perdesaan (Angdes) dan ketertiban terminal tersebut.
\"dishub
Abraham tunjukan  site plan terminal Ciledug. Foto: Zezen/Rakyat Cirebon
Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Cirebon, Abraham Muhamad mengatakan, banyaknya bus yang parkir dalam Terminal Losari, tentunya berdampak pada kenyamanan Angdes dan semrawut. 

\"Keberadaan bus yang parkir dalam terminal tentunya membuat resah para sopir Angdes, maka untuk ke depannya akan dipasang portal permanen. Supaya, bus tidak parkir dalam terminal ini,\" katanya disela peninjauan Terminal Losari, kemarin.

Abraham menjelaskan, selama ini Dinas Perhubungan terus berupaya maksimal dalam berbagai hal. Diantaranya akan 

dibangun tempat pengujian dan gudang. Penerangan Jalan Umum (PJU) di Terminal Ciledug. Selain itu, PJU akan terpasang di tiap titik tertentu seperti Puskesmas, sekolah, tempat yang rawan maupun tempat lainnya yang sekiranya memerlukan penerangan. Sehingga, program \'Cirebon Terang\' dapat terwujud. 

\"PJU yang terpasang nanti, tentunya sesuai kewenangan Kabupaten Cirebon saja, sedangkan kewenangan provinsi dan pusat, kami sebatas mengajukan. Terus terang saja, saya kecewa dengan provinsi dan pusat yang belum realisasikan hingga saat ini. Contohnya, ketika arus mudik lalu di jalur Pantura masih ada bebepa titik yang belum terpasang PJU. Untungnya, banyak pedagang di pinggir jalan. Sehingga, membantu penerangan bagi pemudik,\" jelasnya. 

Masih dikatakan Abraham, rencana Provinsi Jawa Barat mengambil alih Terminal Ciledug dan Terminal Sumber, tentunya perlu ada kesepakatan dalam pengelolaan. 

Misalnya, dalam satu hamparan Terminal Ciledug akan diambil alih provinsi, maka sebagian kecil dari tempat tersebut perlu diambil alih kabupaten. Salah satunya, dalam pembangunan gedung pengujian kendaraan bermotor dan gudang PJU. 

\"Dengan adanya tempat pengujian kendaraan di wilayah timur, tentunya menambah dekat pelayanan pada masyarakat. Begitu juga dengan adanya gudang PJU, dapat mempermudah pengerjaan pemasangan PJU di wilayah timur. Saya harapkan, Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat segera mengangkat Tenaga Kerja Sukarela (TKS), guna kesejahteraan pegawai,\" harapnya.

Kepala Terminal Ciledug, Sudibyo mendukung upaya kepala dinas perhubungan dengan dibangunnya gedung pengujian kendaraan bermotor dan gudang PJU. \"Kasihan masyarakat yang akan uji kendaraan. Dari jarak yang relatif jauh, maka sangat diperlukan membangun gedung pengujuan kendaraan bermotor,\" imbuhnya.(zen)

Sumber: