Cuci Tangan Bukan Hanya untuk Anak Kecil

Cuci Tangan Bukan Hanya untuk Anak Kecil

CIREBON - Kesehatan tubuh, mestilah menjadi prioritas utama. Menjaganya, menjadi tanggung jawab pribadi, karena ketika badan sehat, menjalani aktifitas keseharian akan lancar. 
\"rutin
Elin Cahyawati. Foto: Zezen/Rakyat Cirebon 
Banyak cara untuk bisa menjaganya, mulai dari mengatur pola makan yang sehat, istirahat yang cukup, rutin menjalankan kegiatan olahraga, manajemen fikiran yang baik. Serta yang tidak kalah pentingnya adalah dengan rutinkan mencuci tangan dengan sabun sebelum dan sesudah makan.

Hal itu penting untuk dilakukan dan cukup beralasan. Karena dalam menjalani kegiatan keseharian, tidak lepas dari gerak tangan. Maka dari itu, mencuci tangan dengan sabun perlu diperhatikan. 

Hal ini seperti yang disampaikan praktisi kesehatan sekaligus Kepala Puskesmas Cangkol Elin Cahyawati SKM MSI. Menurutnya, mencuci tangan bukanlah merupakan rutinitas hanya untuk anak kecil maupun balita saja, tetapi untuk semua kalangan.

“Biasanya, orang tua sering bilang kepada anaknya untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah makan. Hal itu berdasarkan ilmu kesehatan bukan hanya untuk anak kecil saja. Tetapi untuk semua kalangan, karena melalui tangan bakteri jahat bisa datang,” ucapnya.

Elin mengungkapkan, cucilah tangan setelah menjalani rutinitas keseharian dengan sabun sampai bersih. Karena, akan mencegah kuman masuk ke dalam tubuh. “Biasakanlah, sebelum menyiapkan, mengolah makanan dan minuman, tangan selalu bersih,”ucapnya.

Adapun cara yang benar, ketika mencuci tangan pertama menggosok kedua telapak tangan. Kemudian punggung kedua tangan, serta sela-sela jari punggung. 

Setelah itu, menggosok ibu jari menggunakan jari telunjuk dan ibu jari lainnya. Lakukan dengan gerakan memutar, menggosok ujung jari pada telapak tangan, menggosok kedua pergelangan tangan dengan cara berputar. 

“Terakhir, segeralah bilas dan keringkan tangan anda menggunakan tisu, kain bersih atau mesin pengering,” pungkasnya. (zen)

Sumber: