Awal Agustus Pasar Balong Harus Kosong

Awal Agustus Pasar  Balong Harus Kosong

PEKALIPAN - Mulai 1 Agustus mendatang, para pedagang yang menempati kios di lantai dasar bagian barat bangunan Pasar Balong Kota Cirebon harus sudah mengosongkan tempat dagangnya.
\"pasar
Pasar Balong Kota Cirebon. Foto: Asep/Rakyat Cirebon
Hal tersebut menyusul kesepakatan antara pihak Perumda Pasar dengan para pedagang terkait lanjutan rencana renovasi pasar di Kecamatan Pekalipan yang akan dimulai pada bulan Agustus tersebut.

Ketua Ikatan Pedagang Pasar Balong, H Agus Suwarta mengatakan ada sedikitnya 12 pedagang yang menempati kios di sebelah barat dan diharuskan untuk segera pindah.

\"Semua pedagang bagian barat sudah siap, kita juga sudah beritahukan mereka untuk pengosongan sampai tanggal 1 nanti, tidak banyak kok, sekitar 12 pedagang saja,\" ungkap Agus saat diwawancarai sejumlah wartawan di lokasi pasar, kemarin.

Pemberitahuan yang telah dilakukan oleh IPP pun dikatakan Agus direspon baik oleh para pedagang. Pasalnya, berbeda dengan para penyewa kios di bagian timur yang menyewa selama puluhan tahun.

Kios di bagian barat hanya disewa dengan sistem bulanan. Bahkan, ada yang tahunan pun tidak sampai dalam waktu yang begitu panjang. Ditambah para pedagang di bagian barat pun didominasi oleh para pedagang kacet CD yang mudah untuk memindahkan barang dagangannya.

Renovasinya sendiri, satu lokal, yakni kios-kios di bagian timur tidak terkena proyek perbaikan karena para pedagang menolak, mereka menolak karena waktu sewa yang rata-rata selama 20 tahun saat ini baru menginjak tahun ketiga, sehingga mereka tidak mau dirugikan dengan adanya renovasi pasar.

\"Pedagang di kios di bagian timur menggunakan sistem kontrak 20 tahun dan saat ini baru menginjak durasi 3 tahun, jadi mereka menolak, dan akhirnya untuk wilayah sana tidak direnovasi,\" lanjut Agus.

Dituturkan Agus, sesuai dengan kesepakatan antara pihak pedagang dengan pemkot melalui perumda pasar. Serta pihak ketiga, yang akan direnovasi dari pasar balong tiga lantai tersebut adalah keseluruhan bangunan.

Terkecuali puluhan kios yang ada di lantai dasar bagian timur, Agus pun memperkirakan dibagian timur ada sedikitnya 70 kios permanen. \"Yang direvitalisasi itu semuanya, hanya minus 70 kios di bagian timur yang dilantai dasar saja,\" kata Agus. (sep)

Sumber: