Tahun Ini ada 331 Calhaj yang Berangkat ke Tanah Suci

Tahun Ini ada 331 Calhaj yang Berangkat ke Tanah Suci

KESAMBI - Kota Cirebon mendapatkan tambahan kuota untuk calon jamaah haji (calhaj). Tahun ini dipastikan akan ada 331 yang berangkat ke tanah suci.
\"kota
Ketua PPIH Kota Cirebon Slamet. Foto: Asep/Rakyat Cirebon
Hal tersebut sebagaimana disampaikan oleh ketua panitia pemberangkatan dan pemulangan ibadah haji (PPIH) Kota Cirebon, H Slamet SAg saat diwawancarai wartawan koran ini di ruangannya, kemarin.

\"Dibanding tahun kemarin, kita dapat kuota tambahan untuk jamaah tahun ini,\" ungkap Slamet kepada rakcer.

Sebagaimana informasi yang berhasil diperoleh, tahun lalu kuota haji Kota Cirebon hanya 247 plus dengan pembimbing, meningkat sekitar 70 kursi. 

Sehingga, daftar tunggu calon haji di Kota Cirebon sedikit berkurang, yang tadinya bisa sampai 16 tahun, sekarang bisa hanya dengan 14 tahun saja. 

Untuk persiapannya sendiri, pihak panitia terus melakukan pematangan hingga para jamaah benar-benar siap diberangkatkan pada tanggal 19 Agustus nanti, dan untuk tahun ini, jamaah haji Kota Cirebon masuk kedalam pemberangkatan di gelombang kedua kelompok terbang (kloter) 75.

Persiapan yang tengah digarap saat ini, lanjut Slamet, para jamaah sudah melakukan bimbingan manasik serentak tingkat Kota Cirebon untuk tahap pertama, dan untuk tahap kedua nanti akan dilakukan pada 14 Juli.

\"Sebelum berangkat itu ada bimbingan manasik, di KUA sebanyak 7 kali, dan di tingkat kota dua kali,\" lanjut Slamet.

Melalui bimbingan manasik tersebut, para jamaah diberikan bekal serta berbagai amalan yang saat pelaksanaan ibadah haji nanti akan dilakukan.

PPIH pun dikatakan Slamet mengharapkan, agar semua bimbingan yang sudah dilakukan bisa dimanfaatkan oleh para jamaah, sehingga sedikit banyaknya melalui manasik, mereka bisa mengetahui keadaan saat melakukan ibadah tidak jauh berbeda dengan saat melakukan manasik.

\"Sampai hari ini, bekal secara dzohir dan bathin sudah kita berikan. Kita harapkan mereka (para jamaah. red) bisa mengikuti semua arahan yang sudah diberikan,\" kata Slamet.

Untuk diketahui, selain 331 jamaah yang akan berangkat, mereka pun akan didampingi oleh Tim pemandu haji daerah (TPHD), Tim pemandu haji indonesia (TPHI), tim pembimbing ibadah haji indonesia (TPIH, serta tim kesehatan haji indonesia (TKHI). (sep)

Sumber: