Mengamati Bintang di Lokasi Paralayang

Mengamati Bintang di Lokasi Paralayang

MAJALENGKA - Objek wisata (OW) bukit Panten-Paralayang Majalengka kini difasilitasi teleskop. Hanya saja teleskop tersebut hanya bisa digunakan malam hari. Karena, fungsinya untuk melihat dan mengamati bintang di langit.
\"objek
Pengunjung OW Paralayang coba teleskop. Foto: Herik/Rakyat Cirebon
Beberapa pengunjung siang hari, tertarik menggunakan teropong tersebut untuk melihat objek pemandangan alam sekitar Paralayang. 

Hanya saja, sebagian pengunjung kecewa, karena tidak bisa melihat dengan jelas objek tersebut di siang hari. Salah seorang pengunjung, Erni (28) mengaku cukup senang dengan berkunjung ke wisata Paralayang. 

Ia cukup tertarik untuk memantau situasi di bawah sekaligus menikmati puncak Ciremai. Hanya saja pihaknya kecewa karena teleskop itu rupanya hanya bisa digunakan malam hari saat mengamati bintang di langit.

\"Asyik juga kalau bisa menikmati malam disini (Paralayang, red). Karena saya penasaran kemungkinan akan menunggu sampai malam hari di sini,\" ujar Erni, kemarin.

Hal senada diungkapkan pengunjung lainnya, Tanti (21). Ia juga tertarik berkunjung ke Paralayang, karena di lokasi tersebut sudah dilengkapi teleskop untuk mengamati bintang. Ia berharap ada fasilitas lainnya untuk menambah suasana baru.

\"Saya baru tahu kemajuan di wilayah ini, begitu pesatnya. Termasuk ada fasilitas teleskop, itu bagi saya cukup menarik pengunjung,\" ujarnya.

Kepala Desa Sidamukti, Karwan mengatakan, fasilitas teleskop sengaja diadakan untuk memancing pengunjung malam hari. Keberadaannya memang bisa difungsikan secara maksimal pada saat malam hari. 

Sehingga para pengunjung lokal maupun luar daerah, selain bisa berkemah di Paralayang juga bisa menikmati bintang-bintang seperti di observatorium yang ada di Bandung. 

\"Tapi ini teleskop kecil, cukup untuk mengamati bintang di malam hari secara jelas. Kalau dipakai siang hari memang buram, karena ini untuk pengamatan bintang,\" imbuhnya. (hrd)

Sumber: