Objek Wisata Baru di Cisantana Diserbu Pengunjung

Objek Wisata Baru di Cisantana Diserbu Pengunjung

KUNINGAN - Salah satu tempat wisata baru di Kabupaten Kuningan yakni objek wisata (OW) alam Ipukan yang terletak di dusun Palutungan desa Cisantana Kecamatan Cigugur. Kendati terbilang baru, namun tempat wisata ini langsung dikenal dan sering diserbu pengunjung, terlebih saat liburan pasca lebaran Idul Fitri 1438 H pekan kemarin.
\"tiket
OW Ipukan Cisantana Kuningan. Foto: Mumuh/Rakyat Cirebon
Pantauan koran ini, Minggu (2/7), tampak para pengunjung berdatangan ke lokasi wisata yang memiliki keindahan alam luar biasa tersebut. Rata-rata diantara mereka membawa keluarga untuk menikmati eksotisme alam Ipukan yang berada ketinggian 1200-1400 MDPL (Meter Diatas Permukaan Laut) dengan luas lahan sekitar 2 Ha. 

Tak jarang para pengunjung juga berkemah di area Bumi Perkemahan (Buper) Ipukan yang terletak di kawasan TNGC (Taman Nasional Gunung Ciremai). 

Eji Wafa SAg, salah seorang pengunjung Ipukan, mengaku kagum dengan adanya lokasi wisata alam yang baru di Kabupaten Kuningan. Ia datang ke Ipukan dengan membawa serta istri dan kedua anak perempuannya serta sejumlah saudara yang sedang mudik ke Kuningan. 

Walaupun baru berkunjung ke Ipukan, ia langsung memuji keindahan alam tersebut hingga akhirnya ia memutuskan akan berkunjung kembali ke Ipukan pekan depan.

“Ini namanya tempat wisata, alamnya indah sekali, sejuk lagi. Saya baru berkunjung ke Ipukan ini, ya tahu dari teman-teman cerita di facebook. Ternyata benar juga enak jalan-jalan kesini. Insya Allah Minggu depankan masih libur, saya akan kesini lagi dengan keluarga dan teman-teman. Rasanya belum puas nih kalau cuma sekali datang kesini, lagi pula suasananya tidak membosankan. Kuningan memang alamnya sejuk dan banyak tempat wisata yang alami,” kata pria asal Ciamis yang menikah dengan warga Kuningan itu seraya memuji Kuningan.

Imas Kurniasih, pengunjung lainnya juga memuji keberadaan objek wisata alam Ipukan yang menurutnya sungguh menyenangkan itu. Ia pun datang ke Ipukan dengan membawa serta keluarga besarnya menggunakan dua kendaraan roda empat. Imas mengaku untuk menikmati suasana alam Ipukan sesungguhnya tidak bisa dibayar hanya dengan uang Rp15 ribu.

“Karcis Rp15 ribu rupiah itu sangat murah, kita tidak bisa menikmati secara langsung alam Ipukan ini tanpa ada pengelola. Jadi gak masalah bayar segitu juga, yang penting suasana liburan lebaran kita bisa terobati dengan berwisata ke Ipukan ini. Jujur saja saya baru pertama kali kesini, langsung kesengsem lho. Memang kalau wisata alam itu enaknya ke Kuningan, jarang-jarang lho di wilayah III Cirebon ada tempat sesejuk disini,” tutur Imas, warga Cijoho yang mudik dari Jogjakarta itu.

Sementara itu, keindahan alam Ipukan semakin bisa dinikmati para pengunjung karena pengelola menyediakan banyak sarana untuk menambah kenikmatan berwisata. Dintaranya pengelola telah membuat sejumlah tempat untuk berfoto selfie. 

Seperti tembok berbentuk love, sarang burung raksasa, bangunan bambu dengan bakcground panorama alam Gunung Ciremai dan keindahan kota Kuningan dari atas, tenda-tenda tempat berkemah serta banyak lagi sarana lain.

Selain itu, pengunjung juga bisa menikmati berbagai makanan yang disediakan para pedagang di sejumlah titik di Ipukan, termasuk pengunjung juga bisa menikmati indahnya pemandangan curug yang berada tidak jauh dari pusat keramaian Ipukan. (muh)

Sumber: