Arus Balik Masih Ramai, Angka Kecelakaan Turun hingga 60 Persen

Arus Balik Masih Ramai, Angka Kecelakaan Turun hingga 60 Persen

INDRAMAYU - Arus lalu lintas di jalur balik arah dari Cirebon menuju Jakarta hingga Minggu (2/7) masih terpantau ramai lancar. Meski demikian, angka kecelakaan lalu lintas (KLL) selama arus mudik dan balik di wilayah Indramayu mengalami penurunan drastis hingga mencapai 60 persen.
\"arus
Arus balik di Indramayu lancar. Foto: Tardi/Rakyat Cirebon
Pantauan Rakcer, arus lalu lintas di jalur balik masih ramai lancar dengan kepadatan yang bervariatif. Penumpukan kendaraan yang masih relatif ‎belum krusial terdapat di tempat-tempat peristirahatan dan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU). Sedangkan kecepatan kendaraan masih bisa dipacu antara 60 sampai 70 kilometer per jam.

Kapolres Indramayu, AKBP Arif Fajarudin kepada sejumlah wartawan menyampaikan, selama Operasi Ramadniya Lodaya 2017, arus mudik dan balik pihaknya mencatat terjadi penurunan angka kecelakaan secara drastis. 

Persentasenya mencapai 60 persen dibanding musim mudik tahun 2016. ‎\"Angka kecelakaan selama arus mudik dan balik tahun 2017 di wilayah Indramayu menurun dibanding tahun lalu,\" jelasnya.

Adapun angka kecelakaan pada musim mudik tahun ini sebanyak 18 kasus‎, sedangkan tahun sebelumnya mencapai 44 kasus. Dari belasan kasus itu terdapat 2 korban meninggal dunia. Kedua korban merupakan warga lokal yang mengalami insiden di wilayah Lohbener dan Terisi.

Dalam menekan angka kecelakaan, lanjutnya, pola pengamanan di sepanjang jalur pantura menjadi prioritas. Salah satunya menutup putaran arah yang dianggap membahayakan, sehingga pengendara hanya bisa memutar di lokasi-lokasi tertentu.

Selain itu, penyediaan rest area menjadi hal yang dinilai perlu untuk menekan potensi bahaya kecelakaan. Karena wilayah Indramayu merupakan titik lelah pengemudi dengan panjang jalur 68 kilometer. 

\"Ada banyak rest area yang kami sediakan, termasuk mapolsek-mapolsek. Pengendara bisa memanfaatkannya untuk melepas lelah dan memulihkan stamina, jangan sampai tidak konsentrasi dalam berkendara,\" ujarnya.

Dari perkembangan situasi arus balik sejak H+1 lebaran, ‎diprediksi arus lalu lintas akan kembali normal pada hari ini, Senin (3/7). Sehingga putaran arah yang semula ditutup akan dibuka seperti biasa. (tar)

Sumber: