Permintaan Sayur Tinggi, Harganya Ikut Naik

Permintaan Sayur Tinggi, Harganya Ikut Naik

\"mentimun
Pedagang sayuran di pasar tradisional Majalengka. dok. Rakyat Cirebon
MAJALENGKA -  Kendati Lebaran sudah lewat, harga sayuran belum beranjak turun. Kenaikan harga sayuran yang berkisar antara Rp500 sampai dengan Rp2 ribu itu, diprediksi baru akan turun mulai H+8 (hari ini, red). Beberapa sayuran yang harganya tetap tinggi diantaranya mentimun, daun bawang, serta sayuran lainnya. 

Salah satu pedagang sayuran di pasar tradisional Prapatan Majalengka, Rusmiati (48) menambahkan, pasca Lebaran ini harga sayur memang terbilang masih tinggi. Hal ini dikarenakan permintaan akan sayuran tetap tinggi meski tidak setinggi beberapa hari sebelum Lebaran lalu.

\"Harga masih tinggi karena pasokan pasca lebaran belum normal. Mungkin petani di wilayah dataran tinggi juga belum panen karena masih sibuk Lebaran,\" ujarnya.

Ia mengungkapkan, berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya, harga sayuran tetap akan bertahan hingga H+8. Dimana para pemudik berangsur mulai kembali ke tempat kerjanya. 

“Kalau masih suasana Lebaran seperti sekarang, permintaan sayur tetap tinggi dan harganya ikut naik. Apalagi penjualnya juga tidak banyak karena masih libur,” katanya

Sementara itu, harga kebutuhan pokok diperkirakan akan kembali turun pasca Lebaran. Tak terkecuali harga daging sapi dan ayam, yang mulai menurun dari kisaran harga semula saat sebelum Lebaran lalu. 

Di pasar tradisional Prapatan Majalengka, Kecamatan Sumberjaya misalnya memasuki H+6 Lebaran harga sejumlah bahan pokok memang belum mengalami penurunan signifikan. Artinya harga kebutuhan pokok masih belum normal. 

\"Sejumlah harga tidak akan serta merta turun drastis, namun berangsur-angsur kembali normal. Saat ini harga daging sapi masih Rp130 ribu per kilogram,” ujar salah seorang pedagang di pasar tradisional Prapatan, Agung (59), kemarin.

Dikatakan Agung, harga bahan pokok saat ini terpengaruh karena cuti dan libur Lebaran. Sehingga stok di pedagang masih kurang. 

Namun demikian, untuk harga daging akan cepat kembali normal karena libur pedagang hanya satu hari hingga dua hari saat lebaran.

Menurutnya, harga kebutuhan pokok menjelang lebaran lalu melonjak cukup signifikan. Terutama yang permintaannya tinggi, seperti daging sapi. Harga daging sapi sempat menyentuh Rp145 ribu hingga Rp150 ribu per kilogram.(hsn)

Sumber: