Pantura Ramai Lancar?, Cipali Padat

Pantura Ramai Lancar?, Cipali Padat

INDRAMAYU - Arus balik lebaran pada H+5, Jumat (30/6), yang melintasi jalur pantura Indramayu dari arah Cirebon menuju Jakarta‎ mulai menunjukkan peningkatan volume kendaraan, namun situasinya ramai lancar. 
\"arus
Arus balik di jalur pantura Indramayu. Foto: Tardi/Rakyat Cirebon
Sedangkan perkembangan di jalur Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) kerap terjadi kepadatan kendaraan, bahkan terjadi penumpukan di perbatasan Indramayu dengan Subang.

Pantauan Rakcer, volume kendaraan menuju arah Jakarta mengalami peningkatan dari hari sebelumnya dengan perbandingan masih didominasi sepeda motor. Peningkatan volume kendaraan juga terjadi di ruas Tol Cipali wilayah Indramayu.

Kapolres Indramayu, AKBP Arif Fajarudin melalui Kasat Lantas, AKP Asep Nugraha menyampaikan, perkembangan situasi di jalur pantura Indramayu sepanjang 68 kilometer mengalami peningkatan volume kendaraan ke arah Jakarta. Namun arus lalu lintas tidak mengalami kendala, masih ramai dan lancar. \"Volume kendaraan meningkat tapi tidak signifikan. Situasinya terpantau ramai lancar,\" jelasnya.

Sementara di jalur Tol Cipali, pihaknya melakukan patroli intensif untuk mengantisipasi penumpukan kendaraan dari arah Cirebon menuju Jakarta. Hal itu dilakukan mulai dari KM 123 perbatasan Indramayu-Subang sampai KM 142 perbatasan Indramayu-Majalengka. \"Negatif kendala. Di beberapa titik sempat mengalami kepadatan tapi masih terkendali,\" sebutnya.

Kepa‎datan kendaraan kerap terjadi di sepanjang jalur arah balik dengan kecepatan antara 10 sampai 20 kilometer per jam. Antrian kendaraan juga beberapa kali sempat menyambung dari KM 123 hingga KM 142. 

Tidak jarang pula, kepadatan terjadi di 3 lajur hingga sering pula meluber ke bahu jalan. \"Apabila situasinya sangat padat, 3 lajur dan bahu jalan digunakan semua. Itu terjadi ketika antriannya menyambung dari KM 123 sampai KM 142,\" paparnya.

Dari perkembangan situasi arus lalu lintas, H+6 dan H+7, Sabtu hingga Minggu (1-2/7) diprediksi akan mengalami kepadatan yang signifikan. Baik di jalur pantura maupun Tol Cipali. ‎Atas perkiraan itu, pihak kepolisian masih melakukan pengamanan, penjagaan, dan pengaturan secara intensif. (tar)

Sumber: