Jutaan Kendaraan Masih Padati Jalur Pantura

Jutaan Kendaraan Masih Padati Jalur Pantura

INDRAMAYU - Dari 1,2 jutaan kendaraan pemudik yang melintas dari arah Jakarta menuju Cirebon sejak H-7 hingga hari H Lebaran, pada H+4 tercatat masih ada 1 jutaan‎ kendaraan yang bakal memadati jalur balik. 
\"kendaraan
Kendaraan pemudik masih padati jalur pantura. Foto: Tardi/Rakyat Cirebon
Sementara perkembangan situasi arus lalu lintas dari dua arah di jalur pantura maupun Tol Cikopo-Palimanan (Cikopo) terpantau ramai lancar.

Berdasarkan data pada Pos Penghitungan Arus Lalu Lintas‎ Dinas Perhubungan Kabupaten Indramayu, selama arus mudik berlangsung tercatat 1.224.089 kendaraan melintasi jalur pantura Indramayu dari arah Jakarta menuju Cirebon. Jumlah itu terdiri sebanyak 1.084.890 diantaranya adalah sepeda motor (R2).

Kemudian selama 4 hari arus balik dari arah Cirebon menuju Jakarta, ‎tercatat baru 302.751 kendaraan saja yang melintas. Jumlah itu didominasi sepeda motor yang mencapai 217.184 unit. Dari keseluruhan data, jalur pantura Indramayu masih akan dilintasi 921.338 kendaraan pemudik. Adapun jumlah sepeda motor mencapai 867.706 unit.

Kapolres Indramayu, AKBP Arif Fajarudin melalui Kasat Lantas, AKP Asep Nugraha mengatakan, hingga Kamis (29/6) malam perkembangan situasi arus lalu lintas dua arah di jalur pantura dan Tol Cipali dilaporkan ramai lancar. 

Di sepanjang jalur mudik maupun sebaliknya tidak terjadi penumpukan dan antrian kendaraane, bahkan kecepatan laju kendaraan cukup bervariasi.‎ \"Situasi arus lalu lintas sampai saat ini terpantau ramai lancar. Juga tidak ada kecelakaan lalu lintas,\" jelasnya.

Sementara itu, situasi serupa terjadi di Tol Cipali. Dari pantauan di Rest Area KM 130, arus lalu lintas dari arah Palimanan menuju Cikopo ramai lancar. Dan sesekali terjadi kepadatan namun tidak menimbulkan penumpukan maupun kemacetan. 

\"Kami terus mengimbau pengendara menggunakan pengeras suara agar mengendalikan laju kecepatan kendaraannya. Juga menyarankan untuk beristirahat, jangan memaksakan diri dalam kondisi tidak konsentrasi berkendara,\" tandasnya. (tar)

Sumber: