Pantau Arus Balik, Kapolda Dicium Ikan Dewa

Pantau Arus Balik,  Kapolda Dicium Ikan Dewa

KUNINGAN - Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Anton Charliyan memantau langsung arus mudik dan balik melalui udara serta mengunjungi objek wisata Cibulan Desa Manis Kidul Kecamatan Jalaksana Kabupaten Kuningan, Rabu (28/6).
\"kapolda
Kapolda Jabar dicium ikan Cibulan. Foto: Aleh/Rakyat Cirebon
Kunjungan Kapolda Jawa Barat yang datang menggunakan helikopter tersebut, tiba pukul 09.00 WIB di landasan pacuan kuda jalan lingkar Cijoho Kuningan, disambut langsung oleh Kapolres Kuningan AKBP Yuldi Yusman, Wakapolres Kompol Benny Bathara dan Kasdim 0615 Kuningan Mayor Inf Riza Taufik Hasan.

Setelah melakukan pemantauan melalui udara di sekitar wilayah Jawa Barat, Kapolda Jawa Barat didampingi Kapolres Kuningan langsung melakukan pemantauan arus lalu lintas yang ada di wilayah Cirendang dan Jalaksana yang terlihat ramai lancar.

Kapolda Bersama rombongan kemudian meninjau tempat wisata Cibulan yang ramai dikunjungi masyarakat saat libur lebaran seperti sekarang ini. Kedatangan orang nomor satu di Polda Jabar ini pun membuat kaget para pengunjung. 

Saat di lokasi wisata, banyak warga masyarakat yang ingin foto bareng dengan Kapolda untuk mengabadikan momen, bahkan Kapolda sendiri tak sungkan menyapa dan berbincang warga yang sedang menikmati libur lebaran. 

Bahkan pria lulusan akademi Kepolisian 1984 itu dicium ikan Dewa yang merupakan penghuni obyek wisata Cibulan

“Alhamdulillah, dari hasil bincang-bincang dengan pengunjung dan masyarakat, untuk situasi arus lalulintas di wilayah hukum Polda Jabar untuk tahun ini lebih baik dari tahun kemarin,” kata Kapolda Jabar ketika ditemui usai meninjau obyek wisata Cibulan.

Secara keseluruhan, kata Kaplda, dari pantauan di udara dan darat, penyebab kemacetan arus balik Lebaran di wilayah Jabar lebih didominasi adanya keramaian pengunjung di objek-objek wisata. Dimana setelah Idul Fitri ini, objek wisata menjadi salah satu tempat yang banyak dikunjungi oleh masyarakat.

“Dari pantauan di udara, beberapa objek wisata di Jawa Barat ramai dikunjungi oleh wisatawan, salah satunya adalah objek wisata cibulan, secara keseluruhan di tempat-tempat tersebut, kemacetan lalu lintasnya tidak separah tahun lalu petugas bisa langsung mengatasi,” katanya.

Diungkapkan Kapolda, salah satu tolak ukur keberhasilan arus mudik dan balik tahun 2017, adalah tol Brexit di Kabupaten Brebes tidak seperti tahun lalu, untuk sekarang lancar walaupun ada kemacetan sedikit-sedikit, itu disebabkan oleh faktor kendaraan yang terus bertambah sedangkan kondisi kendaraan yang tetap.

“Saya menekankan kepada anggota jika ada kemacetan jangan dibiarkan, segera urai dan tangani, oleh karena itu kelancaran arus lalu lintas tahun ini, bisa terwujud berkat kerja keras semua pihak yang terlibat dalam Operasi Ramadniya,” jelasnya.

Menghadapi arus balik, lanjut Kapolda, pihaknya juga tetap akan mengatur arus lalulintas sedemikian rupa sehingga jika terjadi kemacetan tidak terlalu lama dan langsung bisa ditangani oleh petugas.

“Dalam menangani kemacetan, yang terpenting adalah koordinasi dan komunikasi antar petugas, sehingga arus kendaraan lebih lancer dan baik,” tandasnya. (ale)

Sumber: