Lonjakan Penumpang Kereta Sejak H+1

Lonjakan Penumpang  Kereta Sejak H+1

CIREBON – Arus balik lebaran Idulfitri tahun 2017 sudah mulai terasa sejak H+2 lebaran atau pada Selasa (27/6) lalu. Setidaknya hal itu terlihat dari lonjakan penumpang kereta api (KA) yang berangkat dari stasiun di Daerah Operasional (Daop) 3 Cirebon.
\"arus
Penumpang KA di stasiun Kejaksan. Foto: Fajri/Rakyat Cirebon
Jika dibanding hari raya Idulfitri pada Minggu (25/6), jumlah penumpang di hari Selasa lalu melonjak hampir dua kali lipatnya. Meski peningkatan jumlah penumpang juga sebenarnya dirasakan sejak H+1, tapi lebih signifikan lonjakan terjadi di H+2.
Manager Humas PT KAI Daop 3 Cirebon, Krisbiyantoro membeberkan data yang dihimpun pihaknya. Tercatat pada Rabu (28/6) kemarin sampai pukul 14.00, terdapat 9.376 penumpang naik dari stasiun di Daop 3 Cirebon dan 7.009 penumpang turun di stasiun Daop 3 Cirebon.
Sehari sebelumnya atau pada Selasa, jumlah penumpang naik sebanyak 8.782 penumpang dan yang turun sebanyak 8.373 penumpang. Di H+1 atau hari Senin, terdapat 7.178 penumpang naik dan 8.860 penumpang turun.
“Sementara pada hari raya Idulfitri tanggal 25 Juni, terdapat 4.318 penumpang naik dan 7.734 penumpang turun. Sedangkan pada H-1 lebaran atau hari Sabtu, ada 4.011 penumpang naik dan 8.402 penumpang turun. Puncak arus balik diprediksi hari Munggu (H+7),” jelas Kris.
Dikatakan Kris, selama musim lebaran, secara keseluruhan terdapat sedikitnya ‎379 perjalanan KA, sudah termasuk 46 perjalanan KA tambahan di dalamnya. “‎Sedangkan jumlah lintas utara yang melintasi Daop 3 Cirebon sebanyak 336 perjalanan KA,” kata Kris.
Untuk diketahui, stasiun yang berada di Daop 3 Cirebon yakni, Brebes, Losari, Tanjung, Babakan, Ketanggungan, Ciledug, Prujakan, Cirebon, Arjawinangun, Jatibarang, Haurgeulis, dan Pegadenbaru.
Sementara itu, seorang penumpang di Stasiun Cirebon Kejaksan, Susanto mengaku, dirinya memilih untuk kembali ke Jakarta pada H+3 lebaran kemarin, karena perusahaan tempatnya bekerja di Ibu Kota mulai beroperasi pada hari ini. “Besok (hari ini, red) sudah mulai masuk kerja. Jadi balik ke Jakarta hari ini (kemarin, red),” katanya. (jri)

Sumber: