Lebaran, Liburan ke Pantai

Lebaran, Liburan ke Pantai

IDUL Fitri menjadi momen tepat bagi masyarakat untuk mengisinya dengan berbagai kegiatan, seperti berlibur dengan berkunjung keberbagai arena tempat hiburan. Begitu juga dengan masyarakat Arab Saudi saat libur lebaran.  
\"masyarakat
Warga Arab berlibur di pantai. Foto: Deny/Radar Cirebon
Masyarakat Arab Saudi memilih menghabiskan waktu libur lebaran dengan berlibur dan mengunjungi berbagai tempat wisata. Salah satu tempat wisata yang paling diidolakan warga Arab Saudi yaitu pantai.

Pantai dan pasir atau memancing, menjadi idola tempat hiburan favorit warga Arab Saudi untuk mengisi liburan lebaran. Hampir setiap pantai di Arab Saudi selalu dipenuhi  warga yang akan berlibur. Sepertinya tidak ada satupun pantai di Arab yang sepi atau bahkan kosong dari serbuan warga yang akan berlibur.

Pembimbing Salam Tour, Ustadz Basuni mengatakan warga Arab Saudi sama seperti masyarakat Indonesia menyukai berlibur disaat mengisi waktu Idul Fitri. \"Persis sama dengan masyarakat kita, ketika selesai silaturahmi maka langsung berlibur,\" ujarnya. Basuni mengungkapkan pantai dan pasir menjadi idola masyarakat Arab Saudi untuk berlibur.

\"Masyarakat Arab itu suka sekali berlibur ke pantai ataupun tempat yang berhubungan ataupun ada pasirnya, itu sangat disukai sekali. Kalau pantai hampir seluruh pantai penuh disesaki oleh masyarakat. Begitu juga dengan tempat yang ada pasirnya, kaya gurun pasir itu meskipun panas sekali namun masyarakat Arab sangat senang sekali berlibur atau bahkan sampai nginep dan mendirikan tenda di gurun pasir tersebut,\" ungkapnya.

Basuni mengatakan ketika sudah musim liburan seperti lebaran, tidak tanggung-tanggung masyarakat menghabiskan semua waktu liburan hanya di pantai ataupun gurun pasir. \"Misal ini libur Idul Fitri, itu sejak lebaran sampai satu minggu kedepan itu banyak warga yang berlibur bahkan sampai menginap hingga satu minggu,\" ujarnya.

Basuni mengungkapkan kebiasaan berlibur di pantai dan pasir bukan hanya merupakan kebiasaan warga Arab Saudi saja. \"Tapi semua masyarakat jazirah Arab, itu sangat suka berlibur di pantai dan gurun pasir. Jadi bukan warga Saudi saja yang suka berlibur dipantai dan gurun,\" ungkapnya.(deny hamdani) 

Sumber: