Kodim 0617 Terjunkan 150 Personel di TMMD

Kodim 0617 Terjunkan 150 Personel di TMMD

MAJALENGKA - Dandim 0617, Letkol Inf Rama Pratama mengatakan, Kodim 0617 Majalengka menargetkan rehab dua rumah tidak layak huni (Rutilahu) selama 30 hari, Selasa (4/7-2/8) mendatang.  
\"kodim
Rapat koordinasi TMMD. Foto: Hasan/Rakyat Cirebon
Pada waktu yang bersamaan, Kodim 0617 Majalengka juga melakukan perbaikan jalan sepanjang 1.900 meter pada kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-99 tahun 2017 di Desa Lemahputih, Kecamatan Lemahsugih. 

Selain itu, kata Rama, pihaknya akan merehab dua jembatan dan membuat drainase bagi masyarakat. Serta membantu meningkatkan kesejahteraan rakyat, baik dari segi kesehatan, ekonomi maupun pendidikan. 

“Ada giat fisik dan non fisik. Giat fisik seperti rehab rutilahu, jembatan dan banyak lainnya. Sedangkan giat non fisik, seperti sadar bela negara dan peningkatan kesehatan, ” tuturnya. 

Dikatakanya, TMMD tahun ini kerjasama utamanya dengan Kementrian Kesehatan, sebelumnya dengan Kementrian lain. Meski demikian, dia berharap semua OPD di Majalengka ikut berpartisipasi penuh dalam kegiatan TMMD ini. 

“Beberapa instansi sudah ikut andil, diantaranya BMCK, PSDAPE, BPMPD dan Polres. Kodim siapkan dana yang besar untuk kegiatan TMMD, kami juga mendapat sumbangan dari Pemkab Majalengka dan Pemprov Jawa Barat untuk kegiatan ini,” ungkapnya.

Dia menuturkan, personel yang akan diterjunkan sebanyak 150 orang, terdiri dari Danstagas 15 orang, Tim Dinas Kabupaten dan Polres 25 orang, serta dari Satkowil, Satpur dan Banpur 4 SST sebanyak 110 orang. 

“Kami mengajak persan serta masyarakat di wilayah Kecamatan Lemahsugih. Kita juga tidak menutup diri bagi OKP atau Ormas yang ingin ikut andil dalam TMMD ini,” ujarnya.

Menurutnya, penyelenggaraan TMMD ini berdasarkan UU TNI nomor 34 tahun 2004 Bab IV pasal 9, serta surat kesepakatan bersama Pemkab Majalengka dengan Kodim 0617 Majalengka No. 3 tahun 2017 dan No B/176/II/2017 tentang Program pelaksanaan TMMD, BSMSS dan TMSK Majalengka. 

Menanggapi hal itu, Camat Lemahsugih, Deden mengatakan, pihaknya mengkodirnasikan kegiatan tesebut dengan pihak Desa Lemahputih. Bahkan, sudah mempersiapkan sumberdaya manusianya. 

“Kami sudah siapkan untuk acara ini, kami juga siapkan produk lokal asli Lemahsugih, baik makanan dan kerajinan lainnya,” ujarnya.(hsn)

Sumber: