Barier dan Tolo-tolo Minta Dibuka

Barier dan Tolo-tolo Minta Dibuka

INDRAMAYU – Warga di Indramayu merasakan sulitnya berkendara karena ditutupnya putaran arah dalam jumlah banyak, termasuk persimpangan yang dilengkapi traffic light atau lampu pengatur lalu lintas.
\"warga
Persimpangan jalur pantura Pilangsari. Foto: Tardi/Rakyat Cirebon
Tentu hal itu menimbulkan keresahan bagi warga lokal. Pihak kepolisian didesak untuk menambah jumlah putaran arah yang dibuka dan memfungsikan persimpangan untuk akses transportasi.

Desakan itu banyak dilontarkan warga karena jarak tempuh dari maupun ke tempat tujuan sangat jauh dan membutuhkan waktu lama. Pasalnya, warga yang berkendara harus memutar arah hanya di bundaran-bundaran saja dan jaraknya bisa mencapai 10 kilometer atau bahkan lebih.

Persimpangan‎ yang ditutup salah satunya berada di jalur pantura Desa Pilangsari, Kecamatan Jatibarang. Di lokasi itu persimpangannya dilengkapi dengan traffic light dan terdapat Pos Polisi Jalan Raya (PJR). Bahkan di salah satu bagian tamannya terdapat tenda pengamanan arus mudik.

Dengan ditutupnya persimpangan menggunakan berier dan tolo-tolo, para pengendara ‎menilai tidak semestinya dilakukan. Apalagi adanya traffic light yang berfungsi dengan baik. 

\"Padahal dibuka saja. Kan ada lampu pengatur, tinggal ada polisi yang jaga barangkali sewaktu-waktu harus ada prioritas. Bukan ditutup rapat,\" kata Wandi (36), seorang pengendara sepeda motor yang memilih untuk menepi saat hendak melintasi persimpangan tersebut.

Jika kebijakannya harus ditutup total, menurutnya tidak memberikan kemudahan akses transportasi bagi pengendara. Menambah jarak tempuh dan waktu yang terpaksa dialami sejak H-7 diakui menimbulkan keresahan dan memberatkan. \"Jadinya kan makin jauh dan tambah lama saja perjalanannya,\" keluh dia.

Seperti diketahui, ‎putaran arah (u-turn) di sepanjang 68 kilometer jalur pantura wilayah hukum Polres Indramayu tercatat ada 268 titik, 24 titik diantaranya dibuat tanpa ijin. Seluruhnya ada 241 u-turn yang ditutup, dan hanya 27 u-turn yang diaktifkan untuk memutar kendaraan.‎ (tar)

Sumber: