Banser Waspadai Keamanan Jelang Hari Raya

Banser Waspadai Keamanan Jelang Hari Raya

MUNDU - Demi terlaksananya mudik lebaran yang aman dan tentram, berbagai organisasi menyediakan posko keselamatan. Hal ini seperti yang dilakukan oleh Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Ansor Nahdlatul Ulama (NU). 
\"banser
Alfa Isnaeni (kacamata) pakaikan rompi mudik. Foto; Zezen/Rakyat Cirebon

Hal itu terungkap saat pengurus pusat GP Ansor berkunjung ke Kabupaten Cirebon yang menjadi salah satu dari dari 600 Posko mudik diseluruh Indonesia.

Komandan Satuan Kordinasi Nasional (Satkornas) Banser Alfa Isnaeni menjelaskan, pada momentum mudik lebaran tahun ini, pihaknya telah menyebarkan 604 Posko mudik Indonesia, dan telah tersebar dibeberapa titik. 

Dikatakan Alfa, 50 Posko diantaranya yang dijadikan sebagai skala prioritas, salah satunya di Jawa dikisaran jalur pantura.

“Mudik itu selalu ada disetiap tahunnya, mudik bukan hanya sebatas agenda gagah-gagahan, tetapi telah menjadi bagian dari budaya kita, dan kita ingin hadir untuk membantu memberikan pelayanan,”  terang Alfa, disela kunjungannya meninjau jalannya rutinitas posko di Mundu, Rabu (21/6). 

Adanya pemberlakukan skala prioritas dikarenakan adanya pertimbngan jumlah pemudik yang melewatinya serta berbagai permasalahan yang kerap kali muncul.

“Untuk permasalahan disetiap daerah pastinya ada, hanya saja, kita melihatnya dari berbagai segi, diantaranya mulai dari letak geografis dan lain sebagainya, dan untuk jalur pantura ini menjadi salah satu yang kita jadikan sebagai skala prioritas untuk mendapatkan pelayanan, karena pemudiknya ini waduh banyak bukan,” kata dia.

Semua itu terang dia, dilakukan atas dasar perintah kiyai untuk untuk selalu memberikan pelayanan kepada masyarakat muslim. Maka ketika rutinitas mudik lebaran itu menjadi bagian dari budaya bangsa ini, diharapkan tetap menjaga ketertiban dalam berlalu lintas.

“Jadi jangan dipaksakan, ketika perhitungan mudik sekian jam, tetapi ternyata kondisinya tidak memungkinkan ya mbok nggak usah memaksakan, salah satunya kan bisa mampir dulu ke posko-posko, untuk beristirahat,” terang dia.

Dengan begitu, mudik akan terasa aman serta terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Menurutnya, pengawasan dari Banser ini perlu sebagai bagian dari rasa solidaritas antar warga Indonesia. 

Dengan adanya gerakan membantu kegiatan mudik, diharapkan pemudik bisa selamat sampai tempat tujuan. “Mudah-mudahan gerakan kami ini bisa membantu kinerja kepolisian,” pungkasnya. (zen)

Sumber: